Perantau IKKS Koto Sani Gelar Rakernas

0
315

SOLOK, JN- Para perantau Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Koto Sani (IKKS), hari Rabu (12/6), menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), bertempat di SDN 02 Koto Sani.
Tampak hadir pada acara Rakernas tersebut antara lain Bupati Solok, H. Gusmal, Kepala Dinas KB, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Nofiarman, Camat X Koto Singkarak, Syahrial dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua panitia pelaksana acara, Samsul Gindo Batuah, dalam laporannya menyebutkan bahwa pada tahun 2019 ini, IKKS kembali melaksanakan pulang kampung bersama, dan mengajak saudara-saudara yang lain yang telah lama tidak pulang kampung.
“Tujuan kami mengajak pulang basamo ini adalah dalam rangka mengenalkan kampung halaman kepada anak kemenakan kita semua yang mungkin belum pernah sampai di koto Sani ini dan sekaligus ajang silaturrahmi, ” sebut Syamsul Gindo Batuah.

Pihaknya berharap agar mudah-mudahan tahun depan para perantau kembali dapat melaksanakan kegiatan pulang kampung Basamo ini.

Diharapkan kegiatan Rakernas ini dapat kembali menjalan silaturahmi antara sesama warga baik yang ada di perantau maupun yang ada di kampung halaman.

Sementara Ketua IKKS se Indonesia Dr. Mafri Amir, dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah dapat hadiri pada acara kita pada hari ini.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama baik masyarakat yang ada di rantau maupun di kampung halaman sehingga kita bisa saling mengenal antar mamak dangan kemenakan yang mungkin selama ini belum pernah bertemu dan juga bisa bertatap muka dengan Bapak Bupati Solok, ” sebut Dr. Mafri Amir.

Disebutkannya, bahwa pada tahun ini adalah acara pulang basamo yang resmi kami laksanakan. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan pulang basamo dengan lebih banyak lagi. Kami melihat banyak sekali perubahan di kampung halaman kami ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah memberikan perhatian khususnya Koto Sani,” terang Mafri Amir.

Pihaknya juga turut menghimbau kepada masyarakat yang ada di kampung halaman untuk selalu mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah daerah.

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya saat membuka Rakernas IKKS menyebutkan bahwa secara pribadi maupun pemerintah daerah pihaknya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, minal aidzin walfaidzin kepada semua masyarakat Koto Sani baik yang dari perantau maupun yang dikampung halaman.

“Walaupun acara pulang basamo hari ini adalah yang pertama kalinya dilakukan perantau secara bersama, namun diharapkan tetap terus menjalin hubungan baik dan emosional dengan masyarakat Koto Sani yang ada di kampung halaman, ” sebut H. Gusmal.

Disebutkan Bupati, perantau adalah aset pemerintah yang perlu diperdayakan dalam pembangunan kampung halaman.
“Semoga kedepannya silaturahmi kita dapat terus terjalin dan saya berharap dapat menjalin komunikasi yang intensif antara masyarakat di rantau dengan kampung halaman,” terang H. Gusmal.

Bupati juga mengucapkan selamat melaksanakan rapat kerja nasional semoga dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat di kampung halaman (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here