Tanpa Kategori

Pemkab Solok Gelar MoU Dengan Pihak Balitbu dan BPTP Sumbar

SOLOK,  JN- Pemerintah Kabupaten Solok, hari Senin (17/5), melakukan nota kesepahaman atau MoU  dengan Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, bertempat di Ruang Solok Nan Indah, kantor Bupati Solok. 


Kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Solok dengan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika adalah tentang sinergitas pengembangan perbenihan tanaman buah tropika dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dalam pengembangan dan peningkatan mutu benih padi sawah bersertifikat indikasi geografis (IG) di Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada MoU tersebut antara lain Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar, Sekda Kab Solok H. Aswiman, SE, MM, Plt Asisten Koordinasi Pemerintahan Drs. Syahrial, MM, Asisten Koor Ekbangkesra Medison, S.Sos, M.Si, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, SE, M.Si, Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP, Kepala BPTP : Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala Dinas Pertanian Si is, SP dan Kepala SKPD lingkup Pemda Kab Solok.
Pada kesempatan itu,  Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M.Mar mengatakan, mudah mudahan kegiatan ini diberkati oleh Allah dan awal kebangkitan Kabupaten Solok menjadi daerah yang terbaik di Sumatera Barat.


“Alhamdulillah.  BPTP dan Balitbu Tropika dapat mendukung sepenuhnya program kita dalam mengembangkan sektor pertanian. Saya ingin menggali potensi yang ada di daerah kita ini, oleh karna itu saya mengajak seluruh SKPD untuk dapat bekerja sama,” tutur Epyardi Asda.
Pihaknya mengaku sudah instruksikan dinas pertanian untuk bekerja sama dengan Balitbu dalam penyedian bubit unggul dari beberapa komoditas dan alhamdulillah itu sudah terlaksana.
“Dengan adanya bibit unggul yang akan diberikan kepada masyarakat diharapkan sektor ini akan berkembang, tetapi tetap dibawah pengawasan Dinas Pertanian dan Balitbu serta para penyuluh pertanian, karena banyak tanaman buah kita yang setelah di tanam lalu di biarkan begitu saja tanpa perawatan, hal ini membuat hasilnya menjadi tidak maksimal,” sebut Epyardi Asda. 
Bupati juga ingin mengundang investor yang berminat untuk berinvestasi, baik dalam penanaman maupun dalam pendistribusian pertanian seperti beras, durian maupun buah-buahan lainnya di Kabupaten Solok.
Kepala BPTP Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati Solok yang telah mengadakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah Kab Solok, BPTP dan Balitbu Tropika.


“Kita berharap BPTP dan Balitbu ini dapat lebih dirasakan manfaatnya khususnya bagi kabupaten solok dalam meningkatkan sektor pertanian. Dengan majunya sektor pertanian tentu saja akan membuat para petani menjadi sejahtera dan sektor pertanian Kab Solok akan menjadi lebih maju,”  papar Wahyu Wibawa.
Kepala Balitbu Tropka Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP dalam sambutannya juga menyampaikan, masa produksi yang lama membuat banyak masyarakat enggan untuk menanam tanamam buah.
“Sektor pertanian merupakan sektor yang perlu kita kembangkan di Kab Solok. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kita yang lalu, dalam rangka pengembangan sektor pertanian,” terang Ellina Mansyah..
Menurut dia, komitmen dari pemerintah merupakan faktor pendukung dalam suksesnya pengembangan pertanian khususnya buah-buahan di Kab Solok dan sangat mengapresiasi sekali komitmen dari pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka pengembangan sektor pertanian.


“Ketersedian benih merupakan kunci awal dari pengembangan program tersebut. Program pengembangam tanamam buah ini harus dilakukan dengan serius dan terencana dengan baik.


Kabupaten Solok merupakan penghasil buah yang potensial, dengan sekotr geofrafis yang mendukung,” ujar Ellina Mansyah (wandy

Exit mobile version