Pemkab Solok Buka Pintu Lebar-Lebar Bagi Investor Untuk Mempermudah Investasi

0
233

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, akan mempermudah Investasi, Khususnya Untuk Pariwisata, untuk mempercepat dan menunjang pembangunan, khysunya pada sektor pariwisata.

“Bapak Bupati sudah menyatakan dan akan membuka pintu lebar-lebar kepada investor, khususnya pariwisata untuk mempercepat perekonomian, agar berdampak positif pada kemajuan daerah,” sebut Nasripul Romika, Kepala Dinas Pariwisata Kabuaten Solok, Senin (24/6), di ruang kerjanya.

Nasrpul Romika juga berharap, bagi investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Solok, seperti membuat lokasi penginapan, hotel dan lainnya, Pemkab Solok akan membuka pintu lebar-lebar kepada para investor.

Disebutkan Nasripul, Pemkab Solok akan menghimpun berbagai data dan informasi penting yang bisa dijadikan dasar pertimbangan dalam mengambil kebijakan terkait penanaman modal sehingga tercipta iklim investasi yang kondusif dan itu sudah ada di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP) Kabupaten Solok.

“Sebenarnya potensi wisata kita sangat indah, baik pemandangan alam, widadata budaya, danau dan wisata kuliner, namun memang belum bisa kita manfaatkan dengan maksimal, karena Pemkab keterbatasan dana, ” sebut Nasripul, yang baru satu bulan menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok.

Untuk mengatasi permasalahan investasi, seluruh pihak-pihak terkait harus meningkatkan koordinasi, membangun sinergi, dan harmonisasi antara pihak yang terkait dengan penanam modal untuk bersama-sama meningkatkan realisasi investasi di Kabupaten Solok. Karena itu, kata dia, perlu melihat lebih dekat permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam perkembangan investasi.

“Kita menyadari, pembangunan sektor wisata agar bisa maju dan berkembang, tidak bisa digantungkan kepada pemerintah saja. Sangat kita butuhkan peran investor agar mau menanamkan modalnya di Pemkab Solok, ” sebut Nasripul Romika.

Pihaknya mengaku sedih dengan alam Solok yang sangat indah dianugerahi Allah kepada warganya. Namun sayang belum bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, apalagi belum bisa menambah PAD.

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, berharap agar Pemerintah Solok, terus berupaya untuk mendatangkan investor ke Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo tersebut.

“Kita berharap agar Pemkab Solok membuka pintu lebar-lebar untuk para investor guna mempercepat atau mendorong peningkatan iklim investasi untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mengurangi tingkat kemiskinan. Dan itu harus gigih dilakukan, ” pesan Jon Firman Pandu.

Disebutkan Ketua DPC Partai Gerindra bumi penghasil Markisa itu, Kabupaten Solok sangat berpeluang besar untuk menarik Investor karena memiliki beberapa potensi sumber daya alam yang belum optimal pemanfaatannya dan masih dapat dikembangkan dalam bentuk usaha yang prospektif serta diminati oleh pasar.

“Kabupaten Solok memiliki banyak kegiatan ekonomi kreatif yang bergerak di bidang kuliner. Namun usaha ekonomi kreatif tersebut, diakuinya rentan mengalami kegagalan karena kurang modal. Kalau bisa, usaha rintisan kuliner tersebut bisa meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya di kabupaten tersebut,” pungkas Jon Firman Pandu (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda