Pemerintah Kabupaten Solok Laksanakan Kegiatan Gertak Andalas

0
34

SOLOK, JN-Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan Gertak Andalas atau Gerakan Tanam Serentak Pohon Andalas, pada tanggal 19 Septèmber 2019 bertempat di Taman Hutan Kota Wisata (THKW).

Gertak Andalas adalah gerakan tanam serentak pohon andalas melalui penanaman di setiap halaman kantor baik pemerintah, swasta, sekolah, taman-taman, objek wisata dan beberapa kawasan konservasi.

Kasi Pemiliharaan Lingkungan DLH Kabupaten Solok, Ira Humaira, S, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( BKSDA, BPDAS-HL Indragiri Rokan dan BP2TSTH Bangkinang), perguruan tinggi dan swasta, berupaya mengatasi kelangkaan Pohon Andalas dan mengenalkan kembali tumbuhan ini kepada masyarakat Sumatera Barat melalui Gertak Andalas.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Solok, H. Bakhrizal Bakti, SKM, Mkes, juga menyebutkan sebagaimana diketahui bahwa sekarang ini pohon andalas mulai langka dan sulit ditemukan disebabkan punahnya serangga yang biasa membantu dalam penyerbukan. “Selain itu belum dibudidayakan masyarakat dan faktor sulitnya perbanyakan tanaman secara seksual,” sebut, H. Bakhrizal Bakti.

bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya menyebutkan bahwa kegiatan ini tidak hanya berupa penanaman secara seremonial tapi akan dilanjutkan dengan mensosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat, pemberian bibit pohon andalas ke kantor, sekolah, kelompok masyarakat yang peduli lingkungan.

Selanjutnya akan ditingkatkan pada tahun 2020 dengan pemeliharaan pohon andalas, replikasi ke sekolah sekolah dan penelitian tentang pemanfaatan dan fungsi ekologisnya

“Semoga maksud untuk pengembangan pohon andalas sebagai flora sumatera barat bisa terlaksana dengan baik, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok sebagai instansi terkait bisa mewujudkannya,” jelas H. Gusmal.

Tahun 2021 dengan mengintegrasian penanaman untuk reboisasi, pengembangan pohon andalas sebagai bagian edu dan ekowisata serta pembentukan jejaring dan pemberdayaan masyarakat (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda