Solok RayaTanpa Kategori

Musrenbang Kabupaten Solok Tahun 2022 Resmi Dibuka

×

Musrenbang Kabupaten Solok Tahun 2022 Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Solok Tahun 2022, resmi dibuka, Selasa (30/3), bertempat di Gedung Solok Nan Indah.

Tampak hadir pada acara tersebut Plh Bupati Solok Aswirman,SE,MM, Ketua DPRD Kab Solok Dodi Hendra,Kepala Bappeda Provinsi Sumbar atau yang mewakili, Kaban Barenlitbang Erizal,SE,MM, para Kepala SKPD dilingkup Pemda Kabupaten Solok, Camat dan Delegasi Kecamatan Sekabupaten Solok, unsur Forkopimda Kab Solok dan lainnya.
 Plh Bupati Solok Aswirman,SE,MM yang membuka secara resmi Musrembang RKPD Kabupaten Solok tahun 2022 menyebutkan bahwa tema Musrembang RKPD Tahun 2022 adalah “Pemulihan Ekonomi  Melalui Sektor Strategis Daerah Pertanian, Pariwisata dan UMKM”.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris Barenlitbang  Ir. Desmalia Ramadhanur dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan musrembang RKPD Kabupaten Solok tahun 2022 ini adalah mematangkan rencana RKPD tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD dengan cara menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD Kab Solok.

Kemudian mensinergikan intervensi yang dilakukan berbagai pihak,berbagai sektor dan tingkatan pemerintahan dalam penanganan isu-isu strategis.


“Sebagai media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan,” sebut . Desmalia Ramadhanur.
Sedangkan Waktu pelaksanaan musrembang RKPD tahun 2022 dilaksanakan selama satu hari  yang bertempat di Gedung pertemuan Solok Nan indah.
Peserta musrembang RKPD tahun 2022 diikuti lebih kurang 150 orang peserta yang terdiri dari unsur DPRD, Forkompinda, instansi vertikal, delegasi Kecamatan, pemuka masyarakat dan pemangku kepentingan lainya.
Dengan mempertimbangkan pandemi Covid 19 kami juga mebuka secara virtual zoom meeting dengan kapasitas 500 akun serta live Streaming yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo dan komunikasi Kabupaten Solok.
Narasumber Musrembang RKPD tahun 2022 ini adalah dari Bappeda provinsi  Sumatera Barat, dan Barenlitbang Kabupaten Solok.
Hasil yang diharapkan dari musrembang RKPD Kab Solok tahun 2022 ini adalah rumusan kesepakatan yang dituangkan kedalam berita acara kesepakatan sesuai dengan peraturan Mendagri No 86 tahun 2017 yang ditanda tangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrembang RKPD Ini.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Perintahkan Walinagari dan Camat Aktifkan HP 24 Jam

 

 Ketua DPRD Kab Solok Dodi Hendra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musrembang RKPD yang kita laksanakan pada hari ini merupakan sebuah agenda kegiatan yang harus kita laksanakan setiap tahun sebagai wujud pelaksanaan amanah permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya.
“Kita berharap seluruh pemangku kepentingan memberi perhatian serius dan optimal terhadap rangkaian proses ini serta terlibat aktif agar tujuan untuk menjadikan musrembang sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dapat kita wujudkan,” sebut Dodi Hendra.
Pihaknta juga berharap agar potensi-potensi ekonomi yang ada dibidang pertanian,pariwisata dan UMKM untuk dapat kita maksimalkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Solok tahun 2022.


Pada kesempatan itu dia juga menginformasikan bahwa DPRD Kabupaten Solok sudah menyampaikan pokok-pokok pikiran ke pemerintah daerah melalui sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada minggu ke 3 bulan maret ini.dan tentunya kami berharap agar semua usulan yang telah dismampaikan tersebut agar mendapatkan perhatian bagi pemerintah daerah serta dapat tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2022.

Baca Juga :
Paslon Dihimbau Untuk Ikut Kampanyekan Pemakaian Masker Kepada Masyarakat

“Kegiatan Musrembang RKPD tahun 2022 diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dan mengokohkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok,” sebut Dodi Hendra.

Sementara Plh Bupati Solok, H. Aswirman,SE,MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa Proses Musrembang yang kita hadiri pada hari ini memiliki peranan penting dan strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya.
 Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrembang mulai dari rembuk jorong, musrembang nagari dan musrembang kecamatan.

“Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini namun juga mampu mengantisipasi permasalahan dimasa yang akan datang,” terang Aswirman.
Diharapkan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok untuk dapat terlibat aktif dan memberi perhatian serius agar tujuan musrembang yang kita harapkan dapat terwujud.

” Kepada seluruh peserta,saya ucapkan selamat menjalankan amanah seluruh masyarakat kabupaten Solok melalui Musrembang rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022.semoga yang diamanatkan dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi aktif bapak dan ibu sekalian dalam acara ini,” papar Aswirman (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.