Musibah

Bupati Epyardi Asda Instruksikan SKPD Terkait Percepat Penanganan Pasca Banjir Bandang di Koto Sani Kab. Solok

×

Bupati Epyardi Asda Instruksikan SKPD Terkait Percepat Penanganan Pasca Banjir Bandang di Koto Sani Kab. Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, meminta dinas terkait untuk mempercepat penanganan pasca banjir Bandang yang melanda Jorong Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, dengan mengirimkan unit excavator.


“Segera mungkin hal ini kita tangani dan puluhkan kembali inftastruktur masyatakat,” harap H. Epyardi Asda, pada saat mendatangi lokasi banjir bandang Padang Belimbing, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkara,  Minggu (2/10).

Banjir bandang dipicu oleh Intensitas hujan yang tinggi mengharuskan beberapa daerah untuk waspada akan datangnya bencana alam seperti banjir. 
Musibsh banjir bandang di Kecamatan X Koto Singkarak tepatnya di Nagari Koto Sani, terjadi pada hari Minggu 2 Oktober 2022,  pukul 01.00 dini hari WIB..
Akibat dari meluapnya sungai batang lembang, belasan rumah mengalami rusak karena terjangan material yang dibawa arus sungai. 
Sekitar 30 KK warga Jorong Padang Belimbing Nagari Koto Sani terdampak banjir. Umumnya warga yang terdampak banjir bermukim di bantaran sungai batang lembang, koto sani.
Pada kunjungan tersebut, Bupati Solok Epyardi Asda, beserta Camat X Koto Singkarak Crismon Darma, Babinkamtibmas Koto Sani serta tokoh masyarakat, juga ikut langsung meninjau lokasi bencana.
Saat meninjau rumah-rumah warga di tepian sungai yang sewaktu-waktu bisa terbawa arus, Bupati Solok langsung menginstruksikan kepada OPD terkait untuk langsung melakukan pencegahan banjir susulan. seperti mengirim excavator serta mendirikan tenda dan dapur darurat.  
Epyardi meminta SKPD untuk respon cepat dalam penanganan bencana.

Baca Juga :
Kecelakaan di Talago Koto Gadang Guguak, Sepeda Motor Honda Supra Terhimpit Oleh Truk Box lsuzu


Adapun kerusakan yang di timbulkan akibat banjir yang melanda adalah 25 unit rumah warga di tepian. Sumgai, 27 Ha sawah. Fasilitas umum seperti irigasi banda karang, irigasi banda burai, jembatan laban sawah jariang, jembatan LBI kandang batu, jembatan imang, jalan imang kapuah, tanggul irigasi banda karang, tanggul irigasi burai. 
Di perkirakan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
Bupati Solok mengingatkan warga agar tetap selalu waspada dan berharap tidak terjadi bencana susulan, serta SKPD terkait harus saling berkomunkasi dengan baik agar penanggulangan bencana bisa di atasi lebih cepat.

Baca Juga :
Buya Ristawardi Mubaligh Tabligh Akbar Peringatan HUT KOPRI ke -51 Tingkat Kabupaten Solok. 


Turut hadir mendampingi Bupati Solok, anggota DPRD Kab. Solok, Asisten II Drs. Syahrial, M.M,Camat X Koto Singkarak, Wali Nagari dan Kepala Jorong (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.