Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Angin Badai Hancurkan Rumah Warga di Pantai Cermin dan Sungai Nanam

SOLOK, JN- Musibah angin badai dan puting beliung, memporak porandakan rumah warga di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin dan Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.


Di Nagari Surian, pada hari Kamis (30/6), musibah angin badai merusak puluhan warga. 
 Usai angin Badai melanda, Pemerintah Nagari, Kecamatan dan dibantu Polsek Pantai Cermin langsung melakukan Monitoring dan pendataan.
Kapolsek Pantai Cermin,  Iptu Haryoto,  bersama Walinagari  Surian, Yusri, Sekretaris Camat Pantai CerminWendrizal Yusti,S.Pt beserta staf, langsung mendata rumah penduduk yang terdampak musibah.
Adapun bangunan yang rusak ditimpa angin badai dan puting beliung yakni Ruko milik  Reza Rahmadani (26 ) diJorong Dalam Koto, yang mengalamiKerusakan atap seng dan rangka. Kerugian ditaksir Rp. 20.000.000. Kemudian Huller/gilingan Padi milik  Muzardi (53), di Jorong Gaduang Nagari, kerugian ditaksir : Rp.15.000.000. Berikutnya rumah milik Yulius (42) di Jorong Suliti, yang mengalami kerugiansekutar Rp.6.000.000. Kemudian Rumah milik Tamrin (65) warga Jorong Suliti yang mengalami kerugian ditaksir : Rp.6.000.000. Rumah milik Yindrawati (43), warga Jorong Suliti, kerugian ditaksir mencapai Rp.2.000.000..Sementara puluhan rumah warga lain mengalami kerusakan ringan di beberapa  rumah yaitu satu sampai tiga lembar atap seng yang di terbangkan angin.


“Saat sekarang listrik PLN masih Padam di Jorong Dalam Koto Nagari Surian kabel listrik tertimpa atap seng,” terang Kapolsek Pantai Cermin, Iptu Haryoto, Jum’at (1/7).

Menurut Iptu Haryoto, musibah angin badai tersebut beruntung tidak samoai menimbulkan korban jiwa.

Selain di Pantai Cermin, musibah angin badai juga menerjang Nagari Sungai Nanam dan sekitarnya, pada Kamis (30/6). Salah satu rumah warga yang diterjang angin puting beliung yakni rumah pasangan suami istri Agusman dan Asmiza dan satu orang anak
 di Jorong Rimbo Data, Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti.
Rumah pasangan suami ini roboh dan hanya menyisakan lantainya saja.

Baca Juga :
Mobil Dump Truck Alami Rem Blong Seruduk Dua Unit Rumah Warga di Guguak

“Rumah pak Agusman hancur dan tidak bisa ditempati lagi. Kami Pengurus Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam yang dihubungi salah satu tokoh pemuda Rimbo data pak Al Menyampaikan bahwa musibah ini sangat memukul mental dan menjadi beban fikiran dari saudara Agusman dan Asmiza,” terang Masriwal,  Ketua Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam.

Pasangan suami istri Agusman dan Asmiza dan satu orang anaknya tidak lagi punya tempat tinggal. Untuk sementara sedang diupayakan dibuat rumah terpal. 
“Semua peralatan rumah tangga diterbangkan oleh angin kencang. Sehingga sangat butuh uluran tangan dari semua pihak,baik Pemerintah maupun pihak swasta.Termasuk kebutuhan hidupnya,berupa sembako”, ujar Al.
“Awak jo rang rumah sarato anak trauma bana pak,Takuik,tu kini ndak tantu dima kalalok do. Kami iduik bansek lo pak, jo a ka kami bangun rumah lai pak (Saya dan istri miskin serta anak trauma dan takut pak. Sekarang tidak tau mau tidur dimana dan kami miskin pak, tak sanggup rasanya membangun kembali rumah sderhana ini pak,Tolong lah kami pak,” tutur Asmiza, sambil menyeka air mata sedihnya.
Selain rumah pasangan suami isteri ini, Sejumlah rumah juga  diterjang angin kencang. Namun tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya  mengalami  rusak.Kepala Jorong Rimbo Data  Syafril Siak menyatakan bahwa bencana puting beliung di Jorong Rimbo Data, juga menimpa beberapa  rumah, namun tidak separah rumah Agusril dan Asmiza.

Baca Juga :
Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh Bantu Korban Kebakaran Berupa Sembako dan Uang Tunai

Walinagari Sungai Nanam, Delfi, S,Sos.I yang dihubungi menyampaikan ikut belasungkawa yang amat dalam atas kejadian puting beliung yang telah menimpa salah seorang warganyanya.

“Pemerintahanan nagari Sungai Nanam akan berkoordinasi dengan pihak BPBD, Dinas Sosial, BASNAS masyarakat dan para perantau untuk membantu keluarga pasangan suami isteri tersebut,” ujar Delfi.

Ketua  Yayasan Generasi Peduli Sungai Nanam, Masriwal, didampingi dewan pembina Mulyono,SC dan Dewan Pengawas Almasra,S.Pd serta pengurus lainya berharap ada kepedulian kaum muslim/muslimat, masyarakat perantau, pengusaha maupun para dermawan dimanapun untuk membantu keluarga ini.


“Insyaallah kami atas nama keluarga besar Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, siap untuk menunaikan amanah para dermawan yang dimuliakan Allah SWT,” tutur Masriwal. 
Bantuan bisa disalurkan melalui rekening yayasan dengan Nomor rekening BRI Yayasan, No.5542-01-027990-53-8 (wandy/masriwal/jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.