Mari Hidupkan Kembali Kesenian Asli Masing-Masing Nagari

0
571

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok Yandra:

Mari Hidupkan Kembali Kesenian Asli Masing-Masing Nagari

SOLOK, JN- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra menghmbau agar setiap nagari kembali menggali potensi potensi seni budaya yang selama ini kebanggan disebuah nagari dan telah hilang ditelam kemajuan zaman.

“Kita berharap agar setiap nagari mendata dan menghidupkan kembali kesenian asli yang dimiliki oleh nagari yang pernah berjaya pada xaman dulu dan sekarang tidak lagi terdengar untuk dibudayakan dan nanti kita lakukan pembinaan dari Dinas Pariwisata. Bahkan kalau perlu nagari menghidupkan kembali permanan anak tradisionil Minangkabau yang ada di nagari amsing-masing,” terang Yandra, kepada KORAN PADANG, Rabu (25/1). Dijelaskan Yandra, setiap nagari pasti memiliki kesenian khas yang dulu pernah berjaya. Namun karena tidak lagi dipakai oleh masyarakat, lama kelamaan kesenian dan budaya asli nagari hilang ditelan zaman.

Selain kesenian khas yang pernah jaya di setiap nagari, Yandra juga berjanji bahwa dirinya akan menciptakan lapangan pacuan kuda untuk berdiri di Kabupaten Solok. “kita sudah melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk mencari lokasi yang tepatuntuk dibangun gelanggang pacuan kuda dan cocok dengan cuacanya,” tambah Yandra (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here