Kerjasama Pemko Solok dan Toyohashi Berbuah Manis: Program Pemurnian Air Bersih Tunjukan Hasil Memuaskan

0
54

SOLOK, JN – Kesuksesan program air bersih di Kota Solok, menunjukan hasil yang memuaskan, persoalan air bersih yang selama ini mengusik Kota Solok, telah berangsur berkurang dan telah membaik. Hal ini berkat kerjasama di bidang pemurnian air bersih, antara dua Kota dari dua Negara, yakni Kota Solok dan Kota Toyohashi dari Jepang. Selain itu kerjasama juga dilanjutkan dibidang pertanian dan pengolahan sampah, bahkan untuk yang ketiga kalinya Walikota Toyohashi Koichi Sahara mengunjungi Kota Solok, untuk melihat langsung keberhasilan perkembangan teknologi permurnian air bersih.

Kedatangan Walikota Toyohashi ini disambut Walikota Solok Zul Elfian, bersama pejabat dan ASN, di halaman Balaikota Solok, Senin (6/8). Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan diruang Kerja Walikota Solok. Turut mendampingi Wakil Walikota Solok Reinier Ketua Komisi II DPRD Kota Solok Daswippetra Dt.MJJ Alam, Sekda Kota Solok Rusdianto, Ketua LKAAM Rusli Khatib Sulaiman, Forkopimda Kota Solok, Serta Kepala OPD.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan, sejak disepakatinya kerjasama, pelatihan pemurnian air bersih telah dilakukan lebih dari 7 kali, hal ini berdampak pada cepatnya penyelesaian persoalan air bersih di Kota Solok. Hasil yang memuaskan ini, menjawab serta menjadi solusi terhadap krisis air bersih yang menjadi masalah ditengah masyarakat. Diantara persoalan air bersih yang mendasar yang dapat diselesaikan adalah terkait ketersedian air bersih yang memadai, dilihat dari aspek kualitas air, kuantitas dan kontinuitas air bersih.

Atas keberhasilan kerjasama yang dirintis Pemko Solok ini, kedua belah pihak, Kota Solok dan Toyohashi, melihat ada potensi keberlanjutan kerjasama, yang dapat terwujud, seperti dibidang pertanian dan pengolahan limbah/sampah. Penjajakan kerjasama tentu dibuktikan dengan keseriusan Pemko Solok dan Toyohashi, seperti kedatangan Koichi Sahara kali ini, untuk melihat langsung potensi kerjasama.

“Kerjasama yang dijalin dalam pengolahan air bersih layak minum, dimana Toyohashi telah memberikan Kota Solok ilmu yang sangat bermanfaat tentang pengolahan air bersih. Kita membutuhkan kerjasama ini, demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Solok, selain itu peluang menjalin kerjasama yang lainya juga terbuka lebar,”kata Zul Elfian.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan, bahwa Pemko Solok, tertarik untuk melakukan kerjasama lanjutan dengan Toyohashi dibidang lainya, terutama dibidang teknologi. Seperti peningkatan kualitas SDM sektor pertanian, penanganan usaha-usaha pertanian dengan lahan terbatas serta hasil yang optimal dalam pengelolaan limbah dan lainnya.

Zul Elfian mengatakan pihaknya, mengapresiasi kedatangan Walikota Toyohashi Koichi Sahara ke Kota Solok, yang merupakan bukti keseriusan kedua belah pihak, dalam menyukseskan proyek pengolahan air bersih, dan telah membimbing Kota Solok selama ini. Zul Elfian berharap untuk kunjungan kedepanya, Walikota Toyohashi untuk berlama-lama menikmati waktunya di Kota Solok, melihat langsung keindahan Serambi Madinah.

“Hasil yang memuaskan ini bukanlah menjadi akhir, kita berharap kedepanya akan ada kerjasama dibidang lain, antara Kota Solok dan Toyohashi. Kita berharap untuk kunjungan yang lain, Walikota Toyohashi untuk berlama-lama menikmati suasana Kota Solok,”kata Walikota.

Sementara itu Walikota Toyohashi Koichi Sahara mengatakan, kesuksesan proyek pengolahan pemurnian air bersih ini, bukan tanpa hambatan, saat pertama dumulai banyak pihak yang menilai tidak akan berhasil, jika dilakukan di luar Jepang. Namun, hal itu terbantahkan teknologi air bersih Toyohashi sukses diaplikasikan di Kota Solok. “Keberhasilan ini berkat usaha keras dan kesabaran pihak Kota Solok, dalam menjalankan proyek hingga berhasil sampai saat ini,”kata Koichi.

Untuk tujuan selanjutnya, Toyohashi dan Kota Solok akan membahas penyaluran air bersih ini dapat dinikmati seluruh masyarakat secara nyata, di Kota Solok. Kemudian upaya mengadakan kerjasama dibidang pertanian dan pengolahan sampah. Untuk pengolahan sampah, saat ini di Kota Toyohashi telah berjalan program yang dapat menangani masalah sampah hingga ke akarnya, dan ini berkat bantuan seluruh lapisan masyarakat Toyohashi. Sementara di bidang pertanian, pihak Toyohashi ingin melihat kelapangan keanekaragaman tumbuhan di Kota Solok, yang akan dibawa ke Toyohashi untuk dibandingkan.

Koichi berharap, kerjasama apapun yang dilakukan untuk dapat membuahkan hasil, yang terpenting yaitu bermanfaat untuk masyarakat Kota Solok,dimana masyarakat Kota Solok dapat langsung meminum air yang bersih dan segar secara nyata, meminum langsung dari air Ledeng PDAM dirumahnya masing-masing. “Kita bersama akan membahas program mana yang bisa dilakukan di Kota Solok, kalau memang semua yang direncanakan itu kita lakukan, mungkin saya akan lama di Indonesia dan Kota Solok, seperti yang diminta Wako Zul Elfian,” tutup Koichi Sahara.

Pada kesempatan itu, Walikota Solok juga berkenan bertukar Cindera Mata dan oleh-oleh dengan Walikota Toyohashi. Selesai pembahasan, rombongan Walikota Toyohashi meninjau langsung Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di Kelurahan KTK. (van/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda