Kapolda Sumbar Resmikan Samsat Nagari di Koto Baru

0
2570

SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, menilai bahwa dengan diresmikannya Samsat Nagari di Kantor Walinagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok pada hari Senin (18/9) oleh Bapak Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal, SH, MH, maka akan mempermudah masyarakat dalam membayar pajak tahunan dan pengesahan STNK kendaraan bermotor dan lebih dekat serta lebih baik pada masa yang akan datang. “Kita patut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Kepolisian, terutama Bapak Kapolda Sumatera Barat dan jajarannya yang sudah meresmikan Samsat Nagari di Koto Baru ini, karena bisa membantu masyarakat dalam melayani pembayaran pajak dan mengurus surat-surat kendaraan bermotor,” jelas Bupati Gusmal. Dijelaskan Bupati Gusmal, melalui kehadiran Samsat Nagari ini, diharapkan dapat mewujudkan Program Nawacita Presiden RI dalam programnya, yaitu menghadirkan negara ditengah tengah masyarakat. “Kita ingin masyarakat dilayani dengan baik dan kehadiran pemerintah bisa memfasilitasi mereka, termasuk kehadiran Samsat ini jelas akan mempermudah masyarakat mengurus pajak dan surat-surat kendaraan tadi,” jelas Bupati Gusmal. Ditambahkan Gusmal, diharapkan petugas Samsat yang sudah ditunjuk di nagari, bisa melayani masyarakat dengan baik serta melakukan sosialisasi apa itu Samsat nagari kepada masyarakat.
Disebutkan Bupati, petugas Samsat nagari juga harus mensosialisasikan program peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dimana program peningkatan pelayanan ini berupa inovasi pelayanan Samsat Nagari, dimana masyarakat Nagari yang mempunyai tempat tinggal jauh dari kantor Samsat bisa membayarkan pajak tahunan dan pengesahan STNK kendaraannya hanya di Kantor Wali Nagari. “Petugas juga harus menjelaskan bahwa kehadiran Samsat nagari ini akan memperkuat kesadaran, komitmen dan tekat kita semua untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” jelas Gusmal.
Selain itu lanjut Gusmal, tujuan yang hendak dicapai dengan adanya Samasat nagari ini adalah terwujudnya berbagai kemudahan kepada masyarakat di nagari untuk menunaikan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam pembayaran pajak tahunan dan pengesahan STNK kendaraan. Untuk tahap pertama ini lokasi pelayanan Samsat Negeri berada pada 2 Negeri sebagai Pilot Project yaitu Nagari Koto Baru Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang Barat Kabupaten Solok Selatan provinsi Sumatera Barat. “Nantinya Samsat nagari ini akan hadir disetiap nagari di Kabupaten Solok dan Sumbar,” jelas H. Gusmal.
Sebelumnya, Ketua Pelaksana, Yusta Nofirison, S. Kom. MM dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan dari Samsat Nagari ini adalah untuk mempermudah masyarakat membayar pajak sebagai warga negara yang baik karena semakin dekat dari tempat tinggal.
Sementara Kakorlantas Mabes Polri, Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, MM dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Provinsi Sumatera Barat karena Daerah Sumatera Barat adalah Daerah yang sangat bersih dan rapi, Khususnya panorama dari Kota Padang ke Kabupaten Solok Nan Indah ini. “Saya sangat kagum dengan kinerja jajaran kepolisian yang telah menciptakan ketaatan berlalu lintas untuk warga masyarakat khususnya di Sumatera Barat ini,” jelas, Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, MM. Dirinya berharap, dengan telah di launching-nya kegiatan ini sangat membantu kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Solok dan masyarakat Kabupaten Solok Selatan dalam pengurusan pajak tahunan dan pengesahan STNK kendaraannya.
Hal yang sama juga disampaikan Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal, SH, MH, dimana Samsat Nagari bukti dari keseriusan Pemerintah dan Bapak Kapolri dalam mempermudah melayani masyarakat hingga sampai ke desa-desa atau nagari. “Semoga nantinya kehadiran Samsat nagari akan bermanfaat bagi masyarakat dan meningkat kesadarannya dalam membayar pajak,” jelas Kapolda Irjen Pol. Fakhrizal, SH, MH.
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit pada kesempatan itu juga menyampaikan harapannya kepada seluruh aparatur pemerintahan agar terciptanya peningkatan layanan atau memberikan layanan yang prima kepada seluruh masyarakat dalam memperoleh informasi atau dalam sebuah kepengurusan. “Ini adalah salah satu cara bagaimana kita memaksimalkan PAD dengan terobosan terobosan baru oleh semua aparatur pemerintahan untuk meningkatkan pendapatan daerah,” jelas Nasrul Abit. Wagub Sumbar ini juga memberi apresiasi kepada Samsat, yang mana melalui kegiatan ini telah bisa membantu masyarakat Sumatera Barat pada umumnya dalam melaksanakan pengurusan pajak, baik pajak Tahunan maupun pajak kendaraan bermotornya.
Tampak hadir pada peresmian Samsat Nagari ini adalah Kapolri yang diwakili oleh Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, MM, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, SH, MH, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Ketua DPRD Kabupaten Solok. H. Hardinalis, SH, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin SH, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Kepala Jasa Raharja Sumatera Barat, para Kapolres se Sumbar, Bakeuda Sumbar Zaenudin, SE. MM, Kepala Samsat se Sumbar, para Kepala OPD se Kabupaten Solok dan undangan lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here