Kapolda Sumbar Irjen. Pol.Drs. Toni Harmanto Gelar Safari Kamtibmas ke Polres Solok

0
145


SOLOK, JN– Kapolda Sumbar IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto, M.H, beserta rombongan, hari Kamis :(4/2), melakukan Safari Kamtibmas di Polres Solok.


Tampak hadir bersama Kapolda Sumbar antara lain Karo Ops Polda Sumbar KOMBES POL. Jaluli, S.IK M.Si,  Karo SDM Polda Sumbar KOMBES POL Defrian Donimando, S.IK, MH, Dir Intelkam Polda Sumbar KOMBES POL Heri Prihanto, S.IK, Kabid Propam Polda Sumbar KOMBES POL.Edi Suroso, SH, MH, Kakor Spripim Polda Sumbar AKBP Novianto Taryono, SH, S.IK, MH dan lainnya. 
Sementara di Polres Solok, tampak menyambut Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, S.H, S.I.K, M.Si beserta seluruh perwira.
Adapun kedatangan Kapolda Sumbar IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto, M.H,beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja Safari kamtibmas Kapolda Sumbar dalam rangka mendukung program Presisi.

Menurut Kapolda Sumbar, IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto bahwa maksud kunjungannya ke Polres Solok ini adalah untuk silahturahmi dengan seluruh Polres jajaran Solok dan juga seluruh Polres di Sumatera Barat.
Kapolda Sumbar juga membahas Masalah kondisi demografi di kewilayahan se – Sumatera Barat semenjak terjadinya Pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyaknya keluhan dan meningkatnya tindak pidana akibat permasalahan ekonomi.”Semoga musibah covid-19 ini cepat berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal lagi,” harap IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.
Kapolda juga membahas masalah DSPP personil polres masih 37% dari jumlah keseluruhan kekuatan personil setiap Polres ke wilayahan namun tidak boleh atau mempengaruhi kinerja dari personil Kepolisian.
“Permasalahan kekuatan personil yang ada di Polsek yang berjabatan tetapi tidak memiliki anggota, dan menyarankan kepada SDM untuk memperkuat dengan personil,” terang 
IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.

Sementara terkait rencana pembangunan baru untuk Polres Solok dan rusun nawa, agar segera di lakukan secepatnya pelaksanaannya agar mensejahteraan personil Polres Solok.
Sementara untuk memanfaatkan kesediaan amunisi sebanyak 25 RB yang ada untuk digunakan dengan giat yang berinovasi seperti pelatihan menembak.
“Adanya kendala dalam koordinasi dengan Satpol PP di kewilayahan dalam Operasi Yustisi karena dalam giat Yustisi mengedepankan Pol PP. Namun saya berharap selalu berkoordinasi dan lakukan  penegakan Hukum Yustisi,” sebut IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.

Kapolda Sumbar itu juga menjelaskan untuk provinsi Sumbar kesulitan untuk menyertakan Sat pol PP,  namun koordinasi tetap dilakukan dengan instansi pemerintah daerah dalam menegakkan Perda yang sudah di keluarkan oleh Provinsi.

Terkait adanya potensi konflik yang berkaitan dengan Pilkada, Tapal Batas, dan Geothermal tetap di perioritas kan dan jangan di abaikan.
“Selalu kelola Call Center 110 Polri, sesuai dengan prioritas dan Program Kapolri,” sebut IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.
Sedangkan terkait masalah penyelesaian perkara oleh sat Reskrim harus di akumulasi dengan jumlah perkara, dan dihitung guna untuk penyerapan anggaran.
“Antensi terhadap tingkah laku personil jangan Sampai melakukan tindak pidana dan pelanggaran dalam pelaksanaan tugas,” tutur IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.

Untuk personil yang berkasus dan tidak masuk dinas apalagi sudah DPO agar seluruh penerimaan yang bersangkutan harus di stop atau di putus.
Semebtara personil yang kedapatan positif pengguna Narkoba agar langsung di pidanakan dan di proses, tingkat Polda sudah lebih dahulu melakukan Penindakan tersebut.

Kapolda memiliki programmer laporan dan Pejabat utama polres sudah dinilai dan dilakukan perankingan, program ini sudah berjalan agar seluruh pejabat teknis silakan berkompetisi untuk kemajuan kinerja Polres Solok dan Setiap bulan di rengking oleh Kapolda dan masuk dalam data Base Polda Sumbar.

 “Bagian Sumda agar gunakan Aplikasi setiap melakukan pelaporan dan pelajari seluruh aplikasi yang ada, dan efesien dalam penggunaan kertas,” tutur IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto.

Usai memberi sambutan, Kapolda IRJEN POL. Drs. Toni Harmanto, melakukan giatat dengan melakukan pemeriksaan setiap ruangan di Mako Polres Solok. Yang mana Selama kegiatan berlangsung menerapkan Protokol Kesehatan Covid – 19. 


Sire hari, Kapolda Sumbar beserta seluruh Rombongan Meninggalkan Wilkum Polres Solok untuk menuju Mapolda Sumbar dalam situasi terpantau aman dan terkendali (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here