Kabupaten Solok Canangkan GNSTA dan PB BMR

0
138

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertip Arsip (GNSTA) dan Gerakan Perpustakaan Bergilir Buku masuk Rumah (PB-BMR), bertempat di Ruang Solok Nan indah kantor bupati Solok, Kamis (21/2).

Acara dibuka Bupati Solok yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Solok, H. Aswirman dan dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Dr. Ahmad Maskuri, unsur Forkompinda Kabupaten Solok, Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Propinsi Sumbar, Ketua TP-Pkk Kabupaten Solok, Ny. Hj.Desna Devi Gusmal.SH, Kepala Kearsipan Dan Perpustakaan Se Sumbar, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala OPD Serta Camat Dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Ketua panitia Bakhrizal Bakti, SKM, M. kes, dalam laporannya menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2108 lalu, Perpustakaan nasional RI telah menobatkan perpustakaan nagari nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung sebagai perpustakaan umum tingkat desa/ nagarari terbaik di tingkat nasional. “Sistem yang ada di Saok Laweh ini belum kita kembangkan secara terencana ke Nagari-nagari lainya di kabupeten solok. Untuk itu akan kita usahakan kedepannya, ” jelas Bakhrizal Baktii. Disebutkannya, Perpustakaan umum Daerah yang kita miliki saat ini belum bisa dinilai oleh tim akreditasi dari perpustakaan nasional RI, karena perpustakaan kita kondisi ketersediaan sarana-prasarana serta gedungnya masih belum memenuhi persyaraatan untuk dinilai. “Sebagaimana kita ketahui bahwa kgiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen dan menumbuhkembangkan gerakan nasional sadar tertip arsip (GNSTA) sebagaimana yang telah diamanatkan dalam perka ANRI NO 7. TAHUN 2017. Tentang Gerakan Nasional Sadar Tertip Arsip, ” ucap Bakhrizal Bakti.

Ditambahkan Bakhrizal Bakti, untuk membangun komitmen dalam membangun masyarakat kabupeten solok yang berpengetahuan dan sejahtera melalui gerakan perpustakaan Bergilir-Buku masuk Rumah dikabupaten solok. Menindaklanuti Program Gubernur Sumatera Barat, yakni Sumatera Barat membaca yang sudah dicanangkan oleh bapak gubernur pada tahun 2018 yang lalu.

Kepala Arsip Nasional, DR. Mustari Irawan dalam sambutannya meyampaikan bahwa selaku pimpinan ANRI dan mewakili komunitas kearsipan Indonesia pihaknya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sook dimana ditengah–tengah kesibukan beliau masih dapat meluangkan waktu sehingga pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dilingkungan pemerintah Kabupaten Solok dapat terlaksana pada hari ini.

Pada saat ini nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi yang tertuang dalam peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi RI NO 30 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi NO. 14 Tahun 2014 tentang pedoman reformasi birokrasi instansi pemerintah.

“Pencanangan GNSTA ini baru merupakan langkah awal bagi kita bersama untuk memulai suatu gerakan yang tepadu dan berkesinambungan. Kemudian langkah berikutnya adalah kegiatan kearsipan harus segera harus segera diwujudkan diantaranya tertib dalam kebijakan, tertib organisasi, tertib SDM, tertip sarana-prasarana dan tertib dalam pengelolaan pendanaan kearsipan,” tutur Mustari Irawan.

Pihaknya berharap semoga acara pencanangan GNSTA pada hari ini menjad momentum yang sangat berharga baik bagi pemerintah kabuptaen solok maupun bagi ANRI.

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional, DR. Ahmad Maskur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan mendekatkan buku pada keluarga dan masyarakat akan menjadikan buku sebagai sahabat bermain sahabat dikala kesulitan ,sahabta yang mencerahkan dikala gundah gulana.karena isi buku merupakan hasil perenungan para intelektual bangsa yang gali sesuai keahliannya.

Perpustakaan berperan penting dan memiliki fungsi pendidikan, penelitian, referensi, informasi serta rekreasi.

“Kami berharap pencanangan buku bergulir di nagari kabupaten Solok dapat menjadi wahana strategis yang merupakan sumber belajar atau iilmu dan pendukung utama bagi gerakan pembudayaan gemar membaca masyarakat Indonesia dan selanjutnya dapat dicontoh daerah lain,” jelas Ahmad Maskur. Ditambahkannya, dengan dilakukan pengukuhan bunda baca di Kabupaten Solok, pihaknya secara pribadi memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terimakasih atas penyambutan ini.

Sementara Bupati Solok yang diwakili oleh Setdakab, Aswirman menyebutkan bahwa pihaknya menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran Bupati Solok atas ketidakhadiran karena ada urusan lain.

“Kepemimpinan Bupati Solok dari masa ke masa juga sesuai dengan prinsip-prinsip dasar kearsipan dan perpustakaan bahwa tanpa buku dan membaca mustahil akan terlahir para generasi pemimpin hebat pada masa yang akan datang, ” jelas Aswirman.

Dia juga menyebutkab bahwa urusan perpustakaan dan kearsipan merupakan dua urusan wajib daerah non pelayanan dasar yang menjadi kewenangan bagi pemerintah daerah Kabupaten/kota yang serlaras dengan pencapaian visi misi Kabupaten Solok.

Pemerintah bersama jajaran telah berhasil melakukan pembinaan perpustakaan di tingkat nagari/desa, sehingga pada tahun 2018 yang lalu nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok ditetapkan sebagai perpustakaan umum terbaik nasional tingkat desa/nagari.

“Dalam bidang kearsipan, dari 23 bidang urusan pemerintah yang telah diusulkan ke lembaga arsip nasional RI, telah diverifikasi dan saat ini telah ditetapkan dengan peraturan Bupati tentang jadwal ratensi arsip,” sebut Aswirman.

Sementaea tujuan mengadakan kegiatan ini salah satunya untuk membangun komiutmen penyelenggaraan gerakan sadar nasional tertib arsip di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Solok. Selain itu juga untuk mengembangkan perpustakaan digital atau e-Book dan e-Library serta e-Arsip yang diintegrasikan dengan program samrt city.

Pada kesempatan itu, juga dikukuhkan Bunda Literasi Kabupaten Solok, priode 2019-2021 yakni Ny. Desnadevi Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda