Jabatan Gusmal dan Yulfadri Berakhir: Sekda Aswirman Ditunjuk menjadi Plh. Bupati Solok

0
214

SOLOK, JN- Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Solok, hari Rabu (17/2), berakhir  dan kangsung diserahterimakan dari H. Gusmal. SE, MM kepada Sekdakab Solok, Aswirman, SE, MM, yang ditujuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati, bertempat di Ruang Ruangan Solinda, Arosuka.

Tampak hadir pada kegiatan sertijab tersebut Bupati  Solok H. Gusmal, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Sekdakab Solok Aswirman, Ketua DPRD Kabupaten Solok Doddy Hendra, Kejaksaan Solok Donny Haryono, Kasdim Solok Mayor Inf. Hendra Bagus Arioko, Wakapolres Solok Kota Kompol Efa Darma, Wakapolres Solok Kabupaten Kompol Yuswawi, Ketua KPU Kabupaten Solok Ir. Gadis, Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afry Memori, Dirut Bank Nagari, Dirut PDAM,SKPD dilingkungan Kab. Solok, Pimpinan PT. Tirta Investama, Kepala BPJS Solok dan Pimpinan Jasa Raharja.
Dalam sambutannya Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM mengatakan, rasanya baru kemaren saya memberi sambutan di ruangan ini, mengawali jabatan bersama Yulfadri Nurdin. Tapi hari ini rupanya sudah lima tahun.
“Sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Karena hari ini belum ada Bupati defenitif, jabatan diserahkan kepada Sekda Kabupaten Solok sebagai Pelaksana Harian Bupati Solok,” ucap Gusmal

Gusmal juga mengucapkan selamat kepada Aswirman beserta ibu yang  hari sudah resmi menjadi Plh. tugas Bupati Solok. Semoga bapak Aswirman diberi kesehatan, kekuatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas sebagai Plh. Bupati Solok.
“Tugas Bupati itu sangat berat kita harus siap melayani masyarakat selama 24 jam. Saya berharap kepada SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok agar memberikan dukungan yang penuh, sportif, dinamis dan konstruktif kepada bapak Sekda dalam menjalankan tugas sehari-hari. Sehingga semua program dan semua yang sudah terencanakan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” papar Gusmal.
Pihaknya akan selau berdoa agar pemerintahan kedepan agar selalu berjalan dengan baik ini merupakan harapan saya kepada Sekda sebagai Plh tugas Bupati Solok.
Menurut Gusmal, saat menjadi Bupati Solok tentu banyak suka dan dukanya. Sukanya semua program bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Semua tugas yang di berikan oleh pemerintah yang lebih atas bisa kita laksanakan sebaik-baiknya. Nilai kepemrintahan kita dari hari kehari dari bulan kebulan dari tahun ketahun beranjak lebih baik dan sudah kita lalui selama lima tahun.

Kita sebagai pemerintahan di tingkat daerah sudah melalui beberapa hal dalam menjalankan pembangunan. Pembangunan utama yaitu RPJMD yang ke tiga dalam kurun waktu jangka panjang 2005-2025 jadi masih ada satu periode lagi bupati yang akan menjalankan rencana pembangunan jangka panjang. Pembangunan jangka panjang daerah itu hanya satu mottonya, yaitu menjadi kabupaten baik dari yang terbaik yang dilahirkan dengan perda nomor 4 tahun 2005.

“Selama pemerintahan berjalan tidak ada program yang menyimpang semua sudah kita format kedalam 4 pilar pembangunan. Kita sudah bisa meningkatkan ekonomi pemerintahan kab. Solok  meskipun dalam masa pandemi Covid 19. Sebelumnya pertumbuhan ekonomi kita cukup bagus melampaui pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat dab juga sudah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Suatu hal yang sangat kita banggakan , hari ini ada laporan inspektur kepada saya bahwa tapabilitas aparatur pemeriksa internal pemerintah sekarang sudah berada pada level 3 dan nanti akan juga ada penghargaan .level 3 sudah merupakan indikator RPJMD kita sudah tercapai,” terang Gusmal.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda dan semua aparatur di pemerintahan Kabupaten Solok yang telah bekerjasama dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Solok.
Sementara itu Plh Bupati Solok Aswirman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Solok periode 2016-2021 sudah banyak hal yang telah beliau lakukan bersama kita baik itu Forkopimda maupun SKPD banyak hal yang sudah kita capai.
“Alhamdulillah kita juga sudah capai 3 tahun berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian. Mudah-mudahan tahun sekarang juga dapat kembali. Laporan lakip kita sudah menjadi B bupati dan kita semua bertekad untuk menjadi A. Mudah2an tahun ini juga meningkat. Keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua dan kita ucapkan terima kasih kepada Bupati Solok,” sebut Aswirman.
Menurutnya, Tugas Plh merupakan tugas rutin biasa. Kewenangan tidak terlalu jauh ada batasnya. Kepada seluruh SKPD untuk dapat mendukung pemrintahan daerah dan berharap kepada Forkopimda juga mendukung kegiatan pemerintahan daerah. Ini merupakan tugas berat pada sekda dan kita berharap dukungan kepada seluruh yang terkait dalam menyelesaikan tugas kepemerintahan.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra, pada kesempatan itu juga mengatakan, bahwa pihaknya mengucapkan selamat kepada Plh Bupati Solok Sekdakab Solok Aswirman untuk dapat menjalankan tugas Plh sebaik mungkin dan mengucapkan selamat juga kepada Bupati Solok H. Gusmal dan Wabup Solok, H. Yulfadri Nurdin, yang habis masa jabatannya yang telah mengabdikan dirinya selama lima tahun untuk kemajuan Kabupaten Solok dengan program-program yang tertuang kedalam RPJMD.
Membuahkan kerjasama yang harmonis antara DPRD dan Pemerintah Kab Solok dalam membangun kabupaten Solok dan membuiahkan prestasi yang sangat mengesankan dan patut mendapatkan apresiasi.
“Masa jabatan ini merupakan proses yang alami sesuai dengan aturan yang berlaku. Atas nama DPRD Kabupaten Solok, saya  menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak H. Gusmal  dan Bapak H. Yulfadri Nurdin atas segala prstasi yang telah di perbuatnya untuk Kabupaten Solok,” terang Dodi Hendra (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here