PendidikanSolok RayaTanpa Kategori

Ikut Mensukseskan Visi Bupati Solok Mambangkik Batang Tarandam,  Dinas Perpustakaan Gelar Pemilihan Lomba Baca

×

Ikut Mensukseskan Visi Bupati Solok Mambangkik Batang Tarandam,  Dinas Perpustakaan Gelar Pemilihan Lomba Baca

Sebarkan artikel ini


SOLOK,  JN- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok, belum lama ini menggelar seleksi Pemilihan Pemilihan Lomba Baca atau Duta Baca yang bertujuan untuk memancing minat baca hati masyarakat supaya mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian.


Menurut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok, Zulmarnus di Arosuka Minggu,  kegiatan itu sengaja digelar untuk bisa mencari Duta Baca yang nantinya yang bersangkuta dapat sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat, agar mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian.
“Nantinya duta baca yang terpilih kita harapkan dapat sebagai seorang opinion leader dan motivator penggerak hati masyarakat, agar mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian,” terang Zul Marnus, Minggu (14/11) di Arosuka. 
Disebutkannya,  pemilihan Duta Baca ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kabupaten Solok.

Baca Juga :
Tingkatkan Kemampuan, Personil Polres Solok Rutin Ikuti Latihan Menembak


Pihaknya menilai bahwa akhir-akhir ini minat baca generasi muda dan masyarakat sudah jauh menurun. “Mereka lebih senang meluhat Yutube dan Tiktok atau lainnya di medsos,” sebut Zul Marnus. 
Pihaknta berharap dengan adanta kehadiran Duta Baca ke depannya dapat meningkatkan motivasi masyarakat di Kabupaten Solok dalam membaca dan mengembangkan literasi.
Hal itu sesuai dengan visi dan misi Bapak Bupati Solok, yaitu Mambangkik Batang Tarandam, maka kita di bidang Perpustakaan tentunya kami akan berusaha membangkitkan minat masyarakat Kabupaten Solok.

Baca Juga :
Prahara Ditubuh Partai Gerindra Kabupaten Solok Hanya Masalah Mis Komunikasi

Upaya lain yang telah dilakukan pihak Dinas Perpustakaan dalam membangkit semangat literasi masyarakat adalah mengenalkan literasi sejak dini salah satunya mengunjungi sekolah-sekolah.

“Untuk fasilitas di Perpustakaan Daerah Kabupaten Solok sudah cukup memdai, contohnya komputer ada sekitar 15 unit dari dana DAK,” tambah Zul Marnus. 


Pada 2022, pihaknya juga akan berencana untuk memperbaiki fasilitas perpustakaan sehingga terkesan lebih nyaman bagi para pengunjung perpustakaan nantinya.
Bahkan untuk kenyamanan perpustakaan daerah nantinya juga akan disediakan tempat layanan kusus untuk anak.


“Intinya, bagaimana gairah membaca ini kembali menggeliat di Kabupaten Solok,” terang Zul Marnus (jn01/bs) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.