PasamanTanpa Kategori

Hattrick Bupati Yusuf Lubis Tiga Tahun Berturut-turut Konsisten Raih UHC Untuk Lindungi Kesehatan Warganya

×

Hattrick Bupati Yusuf Lubis Tiga Tahun Berturut-turut Konsisten Raih UHC Untuk Lindungi Kesehatan Warganya

Sebarkan artikel ini

PASAMAN, JN- Bupati Kabupaten Pasaman, Yusuf Lubis secara resmi kembali melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan BPJS Kesehatan tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo) dalam rangka Universal Health Coverage Tahun 2021 yang turut disaksikan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman Syafrudin, Rabu (23/12) kemarin.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan kerjasama integrasi JKMP-Saiyo Pemerintah Kabupaten Pasaman ke dalam Program JKN-KIS yang  diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini merupakan kerjasama tahun ke-3, dimana pada tahun 2021 mendatang, sebanyak lebih kurang 25.000 jiwa penduduk Kabupaten Pasaman telah dijamin kepesertaannya lewat Program JKMP-Saiyo.

Pemerintah Kabupaten Pasaman kata Yusuf Lubis merupakan satu-satunya pemerintah kabupaten yang telah membuktikan dukungan dan komitmennya mewujudkan dan mencapai predikat Universal Health Coverage (UHC) sejak tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat yang telah mengintegrasikan program JKMP-Saiyo secara konsisten dan berkelanjutan ke dalam Program JKN-KIS.

“Sejak tahun 2019, Kabupaten Pasaman sudah mencapai predikat UHC dan kerjasama untuk tahun 2021 ini merupakan tahun ke-tiga berturut-turut sejak 2019, JKMP-Saiyo tetap mencapai predikat UHC,” kata Yusuf Lubis.

Melalui Program JKMP-Saiyo yang terintegrasi dengan Program JKN-KIS ini, Bupati Yusuf Lubis berharap siapapun (warga Pasaman) yang menderita sakit tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan sehingga tidak ada warga Kabupaten Pasaman yang ditolak untuk berobat.

Baca Juga :
Eidmond Terpilih Menjadi Ketua PGRI Cabang Gunung Talang

“Harapannya tentu pelayanan di fasilitas kesehatan mulai dari Klinik, Puskesmas hingga Rumah Sakit 

semakin bermutu dan mudah diakses serta dapat dibanggakan oleh semua elemen tak terkecuali pelayanan administrasi di BPJS Kesehatan. Sehingga pada akhirnya masyarakat Kabupaten Pasaman yang akan dimanjakan dengan pelayanan kesehatan secara komprehensif,” harap orang nomor satu di Kabupaten Pasaman ini.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi mengatakan bahwa dengan adanya pelaksanaan Program JKMP-Saiyo ini serta disandingkan dengan segmen kepesertaan lainnya seperti Jaminan Kesehatan Sumbar Sehat (JKSS), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Bukan Pekerja (BP). Maka berdasarkan data terakhir hingga Desember 2020 sebanyak 301.220 jiwa dari 311.602 jiwa penduduk Kabupaten Pasaman dengan persentase kepesertaan mencapai 96, 67% penduduk Kabupaten Pasaman pun sudah dijamin oleh Program JKN-KIS.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen dan konsistensi Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam mengintegrasikan program JKMP-Saiyo ke dalam Program JKN-KIS. Kami berharap semangat dan 

Baca Juga :
Jadwal Pertandingan 16 Tim Yang Lolos ke Babak Final Euro 2021

komitmen Pemerintah Kabupaten Pasaman ini dapat menjadi inspirasi serta motivasi bagi pemerintah 

kabupaten/kota lainnya yang sudah maupun belum bergabung dengan BPJS Kesehatan,” ungkap 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi.

Menurut Yessy, keberhasilan pelaksanaan program JKMP-Saiyo sangat bergantung pada peran Pemerintah Kabupaten Pasaman, khususnya dalam hal peningkatan kualitas dan layanan pada fasilitas kesehatan setempat, sehingga berdampak pada kepuasan peserta. 

“Di sisi lain, BPJS Kesehatan juga akan terus melakukan sosialisasi dan pemberian informasi seputar JKN-KIS kepada seluruh stakeholder terkait sehingga dapat memberikan persepsi dan pemahaman yang sama tentang pelaksanaan Program JKN-KIS,” tambahnya.

Dalam hal penyediaan layanan kesehatan, sampai dengan tanggal 23 Desember 2020, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 29 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Pasaman yang terdiri atas 8 Dokter Praktik Perorangan, 1 klinik pratama, 2 klinik TNI/Polri 16  Puskesmas, 1 Praktik Dokter Gigi Mandiri dan 1 Rumah Sakit D Pratama.

Selain itu, di tingkat Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 2 rumah sakit, serta 2 fasilitas kesehatan penunjang (optik) di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman (nst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.