Harga Cabe Merah Kriting Capai Rp 60 Perkilonya

0
263

SOLOK, JN-Harga cabe merah kriting di pasar tradisionil yang ada di Kabupaten Solok sejak seminggu terakhir masih tetap bertahan antara Rp 50 hingga 60 Ribu ditingkat pengecer. Sementara harga cabe rawit antara Rp 30 hingga Rp 35 ribu untuk yang jenis hijau. Sedangkan ditingkat petani, harga cabe dijual antara Rp 45 hingga Rp 50 ribu perkilonya.

Sejak tiga bulan terakhir, harga cabe merah kriting dan cabe rawit terpantau fluktuasi alias naik turun. Bahkan bulan November tahun 2016 lalu, harga cabe merah kriting di beberapa pasar tradisionil di Kabupaten dan kota Solok, mencapai Rp 90 hingga Rp 100 ribu perkilonya. Sementara harga cabe rawit jenis hijau waktu itu mencapai Rp 60 ribu. Kenaikan harga cabe awal tahun 2017 ini, telah terjadi sejak dua minggu yang terakhir, dimana harga cabe jawa di pasar tradisionil dijual seharga Rp 50 ribu perkilogramnya dan cabe lokal di jual seharga 60 ribu perkilogramnya. Kenaikan harga cabe menurut para pedagang di pasar tradisionil Pasar Minggu Guguk, Gunung Talang Kabupaten Solok, Minggu (15/1), bukan karane pasokan berkurang, namun karena di beberapa daerah di Indonesia mengalami musibah banjir dan longsor, sehingga harga cabe hampir merata di wilayah Sumatera.

Tak berbeda jauh dengan yang terjadi dibeberapa daerah di sumatra barat, kenaikan harga cabe ini tak lain dipicu akibat  minimny pasokan cabe yang diterima oleh pedagang. Sementara, ketersedian cabe dipasaran tidak lagi sesuai dengan jumlah konsumsi cabe oleh masyarakat (ujang jarbat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda