H. Yulfadri Nurdin: Guru Harus Lebih Pinter Dari Pada Siswa

0
119

SOLOK, JN- Jangan harapkan hasil pendidikan akan lebih baik, jika tenaga pendidik tidak berwawasan dan berkualitas serta ketinggalan informasi dari siswa. Untuk itu, kepada para guru diharapkan untuk juga terus belajar, akan tidak kalah dengan para siswanya.

Pernyataan itu disampiakn Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, saat berdialog dengan majelis guru dan komite sekolah, bertempat di SMP Negeri 2 Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Senin (8/07/2019).

Selain Wabub Solok, tampak hadir pada upcara bendera tersebut antara lain Camat X Koto Diatas, Teta Midra, Kepsek SMPN 2 X koto Diatas, Suardi, S. Pd, dan unsur Forkompincam X Koto Diatas, Walinagari Paninjawan, Darsel Ilyas, Ketua BPN, KAN se Kecamatan X Koto Diatas, para Kepala Sekolah SD Zonasi, Ka PAUD, TK, Mahasiswa KKN Unand dan IAIN Batu Sangkar dan majelis guru.

Dijelaskan H. Yulfadri Nurdin, sebagai seorang pendidik, guru juga harus mempersiapkan siswa untuk menjadi generasi handal dan bisa bersaing dengan generasi milenial.
Dijelaskan Yulfadri, jika seorang guru atau tenaga pendidik berwawasan luas, maka akan berdampak kepada mutu yang akan diterima anak didik. Namun jika tidak, maka siswa pasti akan mendapatkan ilmu apa adanya saja. Sebagai tenaga pendidik, pada zaman ini guru dituntut untuk banyak membaca dan mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai kalah dengan para anak didik, ” cetus H. Yulfadri Nurdin.eorang guru juga harus banyak mengikuti acara dan sosialisi pendidikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga dan mendorong satuan pendidikan/lembaga pendidikan untuk melakukan proses pendidikan yang mendukung penumbuhan nilai budi pekerti dan budaya prestasi peserta.
Disebutkan Yulfadri Nurdin, periode emas pada anak perlu di berikan gizi yang baik dalam rangka mempersiapkan generasi yang cerdas.

“Kita harus punya kompetensi yang tinggi dalam menghadapi perkembangan zaman. Artinya kita harus banyak belajar dan membaca, agar kita tidak tertinggal dari siswa. Saat ini informasi bisa diakses dari rumah melalui intetnet, ” sebut, H. Yulfadri Nurdin.

Ditambahkan H. Yulfadri Nurdin, pendidikan adalah salah satu pilar yang diusung di Kabupaten Solok. “Oleh karena itu, kita harus fokus dalam menyikapi pendidikan ini. Sementara kepada kepsek dan jajaran agar benar-benar fokus dalam meningkatkan pendidikan di Kabupaten Solok dan terus menambah wawasan dengan membaca,” sebut Yulfadri Nurdin.

Wabup Solok itu juga berpesan kepada majelis guru agar terus mensosialisasikan program pendidikan kepada kepala satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, dan Satuan Pendidikan Non Formal. Selain itu juga dengan tujuan memberikan pemahaman tentang program penguatan pelaku pendidikan yaitu sosialisasi pendidikan keluarga pada satuan pendidikan serta memberikan penjelasan teknis penguatan pelaku pendidikan

Kepala Sekolah SMP 2 X Koto Diatas, Suardi, SP.d, pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati Solok yang sudah meluangkan waktu untuk hadir dan memberi pencerahan kepada majelis guru di SMP Negeri 2 X Koto Diatas ini.

“Kami atas nama majelis guru menyampaikan ucapan terimakasih atas saran dan nasehat dari Bapak Wakil Bupati Solok dan atas kehadiran beliau di sekolah yang kita cintai ini. Kami mohon petunjuk dan dukungan dari Pemkab Solok untuk memajukan pendidikan di SMP kita ini, karena masih banyak sarana dan prasarana yang kurang,” ujar Suardi, yang juga Ketua MKKS SMP Sumatera Barat tersebut.

Suardi yang mantan Kepsek SMP negeri 3 Gunung Talang itu, dikenal sebagai Kepsek yang gigih menegakan disiplin pada setiap sekolah yang dipimpinnya.

“Kalau mau disiplin, tentu kita mulai dari diri kita sendiri dulu, baru ke orang lain kita terapkan, ” sebut Suardi. (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda