PendidikanSolok RayaTanpa Kategori

Gusmal Resmikan Surau Pasie Muara Panas Menjadi Masjid Asy Syuhada

SOLOK, JN– Bupati Solok, H. Gusmal, hari Jum’at (2./11), meresmikan penggunaan Surau Pasie Jorong Koto Panjang Nagari Muara Panas Menjadi Masjid Asy Syuhada.

Tampak hadir selain Bupati Solok antara lain Kakan Kemenag atau yang mewakili, Camat Bukit Sundi, Efriadi danWali Nagari Muaro Paneh, Feri Efendi, Tokoh masyarakat nagari Muaro Paneh.

 Ketua Panitia Pelaksana acara, Burhanudin dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok beserta rombongan yang telah menyempatkan hadir dalam acara peresmian Surau Pasie menjadi Masjid Asy-syuhada di nagari Muaro Paneh
Mesjid ini didirikan pada tahun 1941 yang sebelumnya masih berstatus surau yang kemudian diubah status nya pada hari ini dan diresmikan menjadi Masjid Asy-Syuhada.


“Perubahan status dari Surau ke Masjid  ini merupakan hasil kesepakatan bersama tokoh masyrakat nagari Muaro Paneh untuk menjadikan status Surau menjadi masjid karena surau yang sebelumnya bernama surau pasie ini dinilai telah memenuhi syarat sebagai masjid,” sebut Burhanuddin.
Wali Nagari Muaro Paneh, Feri Efendi, mengucapkan terima kasih kepada bupati Solok yang mana diujung kepemimpinannya ini menyempatkan hadir dalam acara peresmian Masjid Asy-Syuhada ini.
Masjid ini merupakan Masjid yang ke 10 Di nagari Muaro Paneh. Pihaknya berharap masyarakat di nagari Muaro Paneh ini dapat meningkatkan ketakwaan ibadahnya berkat masjid ini.
Sedangkan Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya sekaligus Peresmian Masjid Asy-Syuhada menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan perangkat nagari karena telah mengubah status surau menjadi Masjid ini karena semakin banyak masjid di nagari maka akan semakin banyak juga orang yang akan shalat sehingga dengan masjid ini dapat meningkatkan syiar agama Islam.

Bupati mengingatkan pada zaman sekarang ini teknologi semakin maju  dan berkembang sangat pesat, maka diharapkan kepada masyarakat muaro paneh agar tetap untuk tidak meninggalkan ibadah
“Saya berpesan kepada masyarakat untuk menghidupkan kembali subuh berjamaah kepada masyarkat dan pengajian setiap shalat magrib. Kemudian fungsi masjid selain untuk ibadah juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” sebut Gusmal.


Masjid ini merupakan Masjid yang ke 329 yang ada di kabupaten Solok.
“Saya berharap perangkat nagari dan tokoh masyarakat Muaro Paneh agar dapat meningkatkan perhatiannya khusus kepada masjid,” terang H. Gusmal (wandy)

Exit mobile version