Dikunjungi Wabub Solok, Akhirnya “Rumah Plastik” di Galagah Alahan Panjang Itupun Dibedah

0
5187

SOLOK, JN- Sempat viral di Media Sosial (Medsos) dalam Seminggu terakhir, akhirnya Rabu siang (13/5), rumah tersebut dikunjungi oleh Wakil Bupati Solok.


Disebut ”Rumah plastik’, karena hampir semua bahan bangunan terbuat dari plastik. Rumah tersebut berlokasi di Lembang, Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.
Nama penghuni rumah rumah tersebut terbuat dari plastik, seperti atap, dinding dan juga untuk makan dan tidur di tanah beralasakan plastik. Ukuran rumah tersebut tidaklah terlalu luas, hanya berukuran 3 X 6 Meter saja. Rumah tersebut sehari-hari dihuni oleh pasangan suami isteri Aprizal (28 thn) dan Susanti (25), serta dua orang anak yakni Ara Aqila (7) dan Nabila (5,5).


Rumah ini pertama kali diposting oleh akun Facebook Akhi Raes Alpa dan sempat dibagikan ratusan kali serta ratusan komen dan like.
Rabu siang, rumah plastik ini dikunjungi Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, bersama Walinagari Alahan Panjang, Zulkarnaini, Walijorong Galagah dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.


Kepada Wakil Bupati Solok dan rombongan, Aprizal menyebutkan bahwa dirinya bersama isteri dan kedua anaknya, sudah tinggal di rumah tersebut selama dua tahun lebih. Sebelumnya yang bersangkutan mengaku tinggal di Surian, Kecamatan Pantai Cermin di rumah orang tua Aprizal.
“Kami memang tidak dapat bedah rumah karena data kependudukannya masih rancu, dan sekarang sudah diperbaiki oleh pihak walinagari Alahan Panjang bersama Bapak Jorong,” sebut Aprizal.


Bahkan akibat viralnya di Facebook dan Grup WhapsAaps, saat ini sudah terkumpul uang dan material bangunan senilai Rp42 juta dari para donasi.
“Rencananya Pembangunan rumah beliau akan dilakukan secara Gotong royong oleh pemuda dan masyarakat dengan ukuran bangunan 7 x 7 meter,” sebut Walinagari Zulkarnaini. Pihaknya menargekan rumah tersebut akan selsai sebelum lebaran.


Sementara Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, mengaku baru menerima laporan Selasa malam dan langsung pada hari Rabunya mengunjungi rumah tersebut.
“Iya, tadi malam saya dapat info dari rekan-rekan media dan hari ini makanya langsung berkunjung kesini bersama aparat dari pemetintahan Nagari,” sebut H. Yulfadri Nurdin.
Pihaknya berterimakasih kepada para donatur, yang dengan sukarela mengumpulkan dana untuk pembangunan rumah Bapak Aprizal dengan yang lebih kayak.

“Apalagi disini kalau malam, suhu bisa mencapai dibawah 15 derajat celcius. Dan bisa dibayangkan betapa dinginnya,” sebut H. Yulfadri Nurdin
Peninjauan lansuang masyarakat jorong lembang nagari alahan panjang yang firal beberapa hari ini.di karenakan mempunyai tempat tinggal yang tidak layak. Hanya tinggal di gubuk yang di tutupi dengan terpal plastik.
“Nanti kita juga akan minta Dinas Sosial untuk membantu peralatan memasak dan juga kasur untuk keluarga ini,” terang H. Yulfadri Nurdin.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin juga ikut menyumbangkan uang tunai Rp 2.000.000 untuk membantu keluarga Aprizal.

“Meski bantuan ini tidak seberapa, mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk meringankan beban keluarga Bapak Arizal,” sebut H. Yulfadri Nurdin (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here