Dewan Kesenian Kabupaten Solok Bertekad Menggali Potensi Kesenian Yang Ada di Setiap Nagari

0
84

SOLOK, JN- Dewan Kesenian Kabupaten Solok, sudah bertekad untuk terus menggali Potensi Kesenian Yang Ada di Setiap Nagari yang ada di Kabupaten Solok.

Industri budaya dan kesenian perlu diarahkan secara tegas dan serius, agar seni tradisional semakin digemari masyarakat. Hal yang tidak kalah penting, adalah berkaitan dengan penyebaran informasi tentang kelebihan kesenian daerah.

“Selama ini kita dengan dana sukarela, terus berupaya memelihara seni yang ada, agar tak lapuk karena hujan dan tidak langkang karena panas, ” ujar
Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok, Edi Satria, usai menggelar buka bersama dengan pelaku seni budaya, bertempat di rumah salah satu warga di Jorong Bawah Duku, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Rabu malam (22/5).
Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dan pelaku seni di kabupaten Solok, seperti Mulyadi.

Kesenian daerah perlu diberi ruang gerak yang luas dalam penyajiannya agar dapat leluasa dalam berekspresi untuk menciptakan keindahan seni budaya lokal.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Kesenian Kabupaten Solok yang sudah menghimpun seluruh grup dan sanggar kesenian yang ada di bumi penghasil bareh tanamo itu.

“Saya berharap agar ajang ini bukan hanya sekedar untuk pertemuan-pertemuan biasa saja, namun berharap lebih dari itu agar ajang ini bisa dijadikan untuk ajang berdiskusi sesama pelaku seni serta juga ajang silaturahmi bagi pelaku kesenian di Kabupaten Solok yang kita cintai ini, ” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Disebutkan Wabup Solok, Pemkab Solok sangat mendukung adanya grup-grup kesenian di setiap Nagari karena hal itu adalah budaya yang harus digali dan dilestarikan. Apalagi saat ini menurut Wabup grup atau sanggar seni ini bisa dianggarkan pada anggaran Nagari masing-masing karena dana desa atau Nagari jumlahnya tidak sedikit.

Selaku pembina dewan Kesenian Kabupaten Solok, Wabup juga berharap kepada para Walinagari se Kabupaten Solok untuk menganggarkan pada APB nagari masing-masing untuk grup atau sanggar-sanggar yang ada di Nagari agar seni budaya tetap lestari dan terus dipertahankan sepanjang masa sebagai bentuk kekayaan seni budaya di Kabupaten Solok (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda