SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Kamis melaunching dan menggelar Sosialisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Solok dengan menggunakan Nagari Virtual Account (NVA) melalui E -Chanel Bank Nagari dan Aplikasi Executive Dashboard Tahun 2020.

Acara digelar di Ruang Solok Nan Indah
Kamis (6/2), dengan dihadiri Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Asisten Koor Bidang Administrasi, Sony Sondra,
Kepala SKPD di Lingkup Kabupaten Solok, Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Ir. Heri Wildani.

Ketua panitia pelaksana, Editiawarman yang juga kepala BKD Kabupaten Solok,
dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun 2020 ini kita bersama Bank Nagari bertekad akan meningkatkan PAD Kabupaten Solok.
“Mulai hari ini dan berikutnya kita akan menggunakan aplikasi ini dalam prosesd peembayaran pajak dan retribusi daerah. Setidaknya ada 186 nomor NVA untuk PAD Kabupaten Solok yang sudah terdaftar,” jelas Editiawarman.

Disebutkannya, Kabupaten Solok juga akan meningkatkan pelayanan keuangan melalui berbagai aplikasi. Wajib pajak / bendehara penerimaan akan menyetorkan pajak/retribusi melalui NVA dan akan secara otomatis akan masuk ke kas daerah.

Dirut Bank Nagari, Dedy Ihsan, SE, MBA, dalam sambutannya menyebutkan bahwa aplikasi E -Chanel Bank Nagari dan Aplikasi Executive Dashboard ini, akan memudahkan pemerintah daerah dalam mengontrol penerimaan pajak dan retribusi daerah.

“Bank Nagari selalu berusahah memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, dan juga sudah memiliki IT yang cukup baik. Bank Nagari juga sedang mengurus izin Quick Respon (QR) untuk sistem pembayaran,” terang Dedy Ihsan.

Pihaknya juga akan terus lakukan peningkatan dalam layanan kepada masyarakat. “Launching dan sosialisasi di Kabupaten Solok ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan juga di Provinsi Sumbar.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak bank nagari yang sudah menyediakan fasilitas seperti aplikasi NVA ini dalam rangka memudahkan instansi dan masyarakat dalam melaksanakan berbagai pembayaran.

“Kita akan terus berupaya memaksimalkan pemungutan PAD melalui pajak dan retribusi yang ada,” sebut H. Gusmal.

Bupati juga berharap kepada instansi dan lembaga terkait agar dapat segera menyampaikan laporan mengenai PAD kepada pimpinan. “Dengan adanya aplikasi ini, semoga pembayaran pajak dan retribusi di daerah dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target dan waktunya,” sebut H. Gusmal.

Disebutkan Gusmal, Pemkab Solok tidak boleh ketinggalan oleh teknologi dan perkembangan, maka dari itu kita dituntut untuk terus melakukan perubahan dan perkembangan sesuai dengan kebutuhan dan IT yang ada.

“Saya menghimbau seluruh instansi dan masyarakat yang menjadi wajib pajak / retribusi agar dapat tertib dalam melakukan pembayarannya karna sudah ada kemudahan yang diberikan,” terang Gusmal.
Semoga dengan adanya aplikasi ini, dapat meningkatkan penerimaan pajak dan retribusi daerah dan dapat mencapai 100 persen (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here