Bupati Gusmal Resmian Masjid Nurul Yaqin Jorong Pasar Usang Koto Gadang Guguk

0
158

SOLOK, JN– Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, hari Jum’at (18/12), meresmian alih fungsi Mushala Nurul Yaqin Menjadi Masjid Nurul Yaqin Jorong Pasar Usang, Nagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut selain Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, yakni Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Desnadefi Gusmal, SH, Kakan Kemenag Kab Solok H. Alizar M. Ag, Camat Gunung Talang  Drs. Misran, Kapolres Solok diwakili, Dandim 0309 diwakili, Kabag Humas Syofiar Syam, Walinagari Koto Gadang Guguk Carles Camra dan para Perangkat Nagari Koto Gadang Guguk. 

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan ucapkan selamat kepada walinagari dan masyarakat Jorong Pasar Usang karena telah memperjuangkan alih fungsi mushala menjadi masjid sehingga sekarang telah memiliki masjid dan tidak perlu lagi jauh-jauh untuk sholat Jum’at.

“Semakin banyak masjid di daerah kita, maka akan semakin banyak pula orang yang akan salat dan ibadah sehingga meningkat nilai keagamaan di daerah itu. Saat ini sudah 4 buah masjid di nagari Koto Gadang masih kurang, mudah-mudahan kedepannya jumlah masjid yang ada saat ini dapat bertambah,” sebut Gusmal.

Bupati meminta kepada wali nagari, perangkat nagari dan masyarakat untuk dapat terus memakmurkan masjid.
Masjid tersebut berada ditempat yang sangat strategis karena berada di tepi jalan raya sehingga orang luar yang sedang melakukan perjalanan dapat singgah di masjid ini untuk sholat. 
“Mudah-mudahan masjid ini tidak hanya untuk ibadah saja tetapi juga dapat untuk meningkatkan nilai sosial ekonomi masyarakat sekitar,” papat Gusmal.


Diharapkan dengan adanya masjid ini dapat melahirkan Pakiah atau orang yang pintar dalam bidang agama dan adat sehingga nilai keagamaan dan adat istiadat kita tidak hilang ditelan zaman. Jangan sampai setelah peresmian ini tidak ada orang yang sholat Jum’at dan azan karena itu merupakan ciri dari masjid.

Bupati juga berpesan agar menghidupkan kembali Subuh Berjamaah dan Maghrib Mengaji, serta berharap untuk zakat dan infak anak yatim dibagikan setiap bulannya, kalau perlu dibagikan sekali 15 hari karena anak yatim itu merupakan tanggung jawab kita semua sebagai sesama muslimin dan jangan sampai ada perbedaan.


“Tahun baru sudah dekat maka pemerintah daerah melarang adanya kegiatan-kegiatan perayaan sehingga menimbulkan kerumunan masyarakat banyak, yang boleh hanya dengan melakukan pengajian bersama agar menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” pesan Gusmal.
Ikut memberi sambutan pada kegiatan tersebut Walinagari Koto Gadang, Kakan Kemenag Kabupaten Solok yang intinya menyambut baik alih fungsi Mushala Nurul Yaqin menjadi Masjid Nurul Yaqin Jorong Pasar Usang Koto Gadang Guguk.


Setelah acara peresmian masjid dilanjutkan dengan makan bajamba bersama bupati Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here