SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, mengikuti acara Video Conference (vidcon), Peringatan Hari Lahir Pancasila I Juni 2020 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, Senin (1/02/2020).


Acara Vidcom digelar di Rumah Dinas Bupati Solok di Guest House, dengan dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Sekda Solok, H. Aswirman, Kabag KSD Devi Pribadi, Kabag Humas, Syofiar Syam, Kabag Umum Syefdinon dan lainnya.
 Adapun yang hadir dalam upacara itu bersama Presiden RI Joko Widodo,  dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani serta jajaran Menteri dan semua Gubernur. Hadir juga Presiden RI yang ke 5 Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan lainnya.

Pada kesemparan itu, Presiden Jokowi memberikan amanat dalam upacara tersebut, peringatan hari lahir Pancasila hari ini ada ditengah pandemi covid 19. Peringatan itu juga menguji daya juang sebagai bangsa, menguji pengorbanan, dispilin, kepatuhan, ketenangan dalam langkah kebijakan yang cepat dan tepat. Kita bersyukur pancasila jadi bintang penjuru menggerakan kita semua dan menggerakan persatuan kita menghadapi semua tantangan.


Menurut Presiden Joko Widodo, situasi dimasa covid-19 ini menguji kepedulian saling berbagi, kekokohan gotong royong, menumbuhkan daya juang menghadapi tantangan dan kesulitan yang dihadapi.


“Semoga bangsa Indonesia terus mengedepankan budaya gotong royong yang saat ini sudah mulai menurun di tengah-tengan masyarakat kita,” sebut Joko Widodo.
Sedangkan Bupati, H. Gusmal menilai bahwa pidato presiden tersebut mengandung makna bahwa dalam situasi sulit masyarakat  diminta untuk selalu mengutamakan jiwa sosial dan rasa peduli antar sesama dalam kehidupan sehari-hari.
“Meski di tengan musim serba sulit, namun kita dituntut agar kita jangan sampai lupa untuk berbagi antar sesama dan kembali menanamkan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,” sebut H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here