Bupati Gusmal Hadiri Perpisahan dan Wisuda Tahfizul Qur’an di SMP Negeri 6 Guntal

0
1245

SOLOK, JN-

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Selasa (9/5), menghadiri acara Wisuda Tahfizul Qur’an SMPN 6 Gunung Talang, Kabupaten Solok, sekaligus acara perpisahan siswa kelas IX dan juga perpisahan majelis guru yang pindah tugas.

Acara yang dilangsungkan di halaman sekolah yang berjuluk Sekolah Umum Berbasis Pesantren itu, juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Solok seperti Patris Chan, SH, Nosa Eka Nanda dan Yetty Aswaty Garende. Selain itu, tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Syahrul Effendi, Kameng Kabupaten Solok, Kepala KUA Gunung Talang, Rifa’i Mahyunar, para Kepala SMP, SD dan TK Sekecamatan Gunung Talang, Komite Sekolah dan para orang tua siswa yang diwisuda dan undangan lainnya.

Kepsek SMP Negeri 6 Gunung Talang, H. Sakar Soeib, dalam laporannya menyebutkan bahwa pada saat ini dilangsungkan acara Wisuda Tahfizul Qur’an SMPN 6 Gunung Talang sebanyak 25 orang yang sudah hafal Al Qur’an masing-masing sebanyak 1juz, 2 juz, 3 juz, 4 juz dan 5 juz. Hafal Al Qur’an ini, sudah menjadi Iconic (program utama) di SMP Negeri 6 Gunung Talang sebagai sekolah Umum Berbasis Pesantren. Ditambahkan H. Sakar soeib, jumlah siswa kelas IX yang menamatkan study tahun ini sebanyak 75 orang, sedangkan yang wisuda tahfidz sebanyak 25 orang yang terdiri dari 1 orang wisuda 5 juz, 1 orang wisuda 3 juz, 1 orang wisuda 2 juz dan 21 orang wisuda 1 juz. “Mereka yang diwisuda  ada yang berasal dari kelas  7, 8 dan kelas 9,” terang H. Sakar.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan apresiasi yang tinggi sekali kepada SMP 6 yang telah mengadakan perpisahan kelas 9 yang di berengi dengan wisuda tahfidz Al Qur’an dan juga bangga dengan SMP Negeri 6 yang menjadi pelopor sekolah umum berbasis pesantren di Kabupaten Solok.  “Saya ingin membangun sekolah umum berbasis pesantren di Kabupaten Solok tahun ini sebanyak 15 sekolah ditiap kecamatan dan SMP 6 inilah yang nantinya akan menjadi proyek percontohan bagi sekolah lain,” terang H. Gusmal. Bupati juga berharap agar kedepan semua anak-anak kita yang akan menyelesaikan pendidikannya di bangku SMP harus sudah tahfidz 3 juz. “Untuk anak-anak kelas 9 yang telah menyelesaikan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Pertama, saya berharap untuk terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi agar nanti bisa bersaing diera dalam dunia  modren, tetapi tetap berpedoman kepada agama,” harap H. Gusmal.

Sementara kepada guru yang pindah kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian nya selama berada di SMP 6 ini, semoga di tempat yang baru dapat lebih sukses lagi hendaknya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here