Bupati Gusmal Buka Festival Silek Badunsanak

0
103

SOLOK, JN, Bupati Solok, H. Gusmal, membuka secara resmi Festival Silek Badunsanak tingkat Kabupaten Solok, bertempat di Lapangan Aia Angek Sonsang, Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Minggu (16/12).Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut, Camat Gunung Talang, Drs. Misran, MM, Wali Nagari Cupak, H. Deki, SH dan seluruh peserta yang hadir.

Menurut Ketua pelaksana acara Silek Tuo Silek tersebut, Pen Sofriyanto, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu usaha kita dalam melestarikan budaya Minang berupa Silek tradisionil. Sementara peserta diikuti oleh sebanyak 35 pasang pesilat dari 16 peguruan silat yang ada di Kabuaten Solok.

Sedangkan Bupati Solok dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya tentang Festival Cupak Silek Badunsanak tersebut, sebab acara festival ini bisa melestarikan salah satu budaya minangkabau berupa silat tradisionil yang sudah mulai lapuk di makan masa.”Saya berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kompetisi silek ini dengan penuh sportivitas. Juara bukan tujuan, namun rasa sportivitas dan kebersamaan harus tetap terjaga,” jelas H. Gusmal.
Bupati juga berharap bahwa melalui kegiatan ini mampu menggali dan mengembangkan potensi yang di miliki oleh generasi muda.

“Mari kita kembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Solok, baik wisata budaya maupun wisata alam lainnya dan juga melalui silat tradisionil ini,” terang Gusmal.Dengan adanya Festival silek ini juga bertanda kebangkitan anak nagari.

Bupati juga mengingatkan para peserta silek agar selalu mengiringi ilmu silek dengan ilmu agama agar bisa sejalan dan tidak salah jalan.Bupati juga berpesan kepada para tuo silek agar selalu mengembangkan potensi anak didik dan memberikan ilmu agama agar lebih baik.”Kalau sudah hebat, jangan sampai ada sifat sombong dan angkuh dan selalulah dalami ilmu silek, minimal untuk seni dan jaga diri,” pungkas Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda