Bupati Epyardi Asda Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Solok Priode 2021-2024

  • Whatsapp


SOLOK,  JN- Bupati Solok,  H.  Epyardi Asda, hari Kamis (15/7), mengukukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok priode 2021-2024, bertempat di Aula Pertemuan Chinangkiek.

Tampak hadir pada acara tersebut selain Bupati Solok antara lain Ketua Dekranasda Kabupaten Solok yang baru,  Ny. Emiko Epyardi Asda,Waki Ketua Dekranasda Kab.Solok, Ny. Kurniati Jon F.Pandu, Ketua Darma Wanita, Yarminetti, Ketua Harian Dekranasda, Eva Nasri, Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Solok, Camat X Koto Singkarak, Forkopimcam dan jajaran Pengurus Dekranasda
Ketua Panitia pelaksana acara,  Eva Nasri dalam laporannya menyebutkan bahwa rangakain kegiatan yang dilaksanakan hari ini yakni mengukuhkan kepengurusan Dekranasda  Kab.Solok, kemudian Peresmian gedung Sekretariat Dekranasda Kab.Solok di Dermaga Singkarak dan Musyawarah daerah Dekranasda Kab.Solok TH.2021 dalam rangka penyusunan program dan kegiatan Dekranasda periode 2021-2024.
Narasumber pada kegiatan ini dari BPJS ketenagakerjaan cabang Solok dengan tema menuju kesejahteraan pekerjaan melalui program JHT,JKK,JKM dan JP.

 Bupati Solok, H.Epyardi Asda, M.Mar, dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk perubahan anggaran nanti saya akan merobah seluruhnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi dan misi Mambangkik batang  tarandam.

“Dekranasda dan UMKM – UKM mari kita tingkatkan dan selalu  optimis bahu- membahu untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok,” sebut Epyardi Asda. 
Bupati meminta tunjukan pretasi dan jangan sampai terlena dengan apa yang telah diraih selama ini dan jangan mau menjadi orang yang biasa tetapi bertekatlah menjadi orang yang luar biasa.
Menurut Bupati,  Dekranasda merupakan organisasi non pemerintah sebagai mitra kerja pemerintah mempunyai visi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan pelatihan dan pemasaran / promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikut sertakan dalam berbagai even, pameran baik dalam maupun luar negri.


“Kita harusnya tentu mengetahui dan paham mengenai apa-apa saja potensi yang memiliki dari masing-masing daerah, apabila 19 Kabupaten / Kota di Sumatera Barat memiliki ciri khasnya masing-masing Kabupaten Solok juga harus memiliki potensi-potensi yang bisa menjadi unggulan buat Kabupaten Solok sendiri,” sebut Bupati. 
Pihaknya ingin potensi yang ada di kabupaten Solok ini go Nasional agar bisa diminati dan disukai masyarakat yang bukan hanya orang KabSolok saja tetapi memiliki nilai manfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia dan hal tersebut bisa kita capai dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.
“Dengan mengangkat budaya kearifan lokal yang ada serta potensi yang dimiliki, tentunya Dekranasda yang telah dikukuhkan ini mampu menjadi pion-pion penggerak agar kabupaten Solok bisa dikenal secara nasional,” papar Epyardi. 


 Kepada seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kab.Solok untuk melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengrajin, bahkan kalau memungkinkan harus melakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin dengan terus mensosialisasikan produk dalam negri kepada seluruh masyarakat agar produk-produk  kerajinan masyarakat tidak menjadi tamu didaerah sendiri.
“Selamat menjalankan tugas kepada seluruh anggota Dekranasda Kabupaten Solok periode 2021-2024 yang telah dikukuhkan sekaligus melaksanakan program-program dan kegiatan yang akan dicetuskan nantinya,” pesan Bupati. 

Ketua Dekranasda Kab.Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda, menyebutkan bahwa Dekranasda merupakan wadah pembinaan produk kerajinan daerah,harus memiliki kemitraan kuat terhadap industri kerajinan sehingga dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang signifikan.
“Kami berkeyakinan Dekranasda Kabupaten Solok dapat menjalankan fungsinya secara optimal sehingga dapat mencapai tujuan utama Dekranasda yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali,mengembangkan dan melestarikan warisan budaya,” papar Ny. Emiko Epyardi Asda.

Pihaknya berharap Dekranasda Kabupaten Solok bersama-sama dengan stakeholders terkait mampu menemukan berbagai potensi serta menciptakan iklim kerja sama yang baik.
.
Ada 2 agenda dari musyawarah ini, yakni menyusun pokok-pokok program Dekranasda TH.2021-2024 dan peresmian gedung Dekranasda Kab.Solok di Dermaga Singkarak.
Harapan kami pada bapak/Ibu Perajin-pejuang perekonomian teruslah berkarya dan berproduksi karena dengan adanya karya bapak/ibu dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan berkontribusi pada perekonomian daerah (PAD).


“Melalui musyawarah Daerah ini mari bersama kita berkomitmen dan mengambil langkah nyata menjadikan produk perajin kabupaten Solok menjadi tuan rumah di negri sendiri,” papar  Ny. Emiko Epyardi Asda (wandy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *