Belajar Bahasa Inggris Dengan Menyenangkan


Oleh: Penulis: Laila Fitrianita,S.Pd
=====================


Berdasarkan Kepmendikbudristek no. 56 tentang Pedoman Penerapan kurikulum bahwa Bahasa Inggris diajarkan mulai dari jenjang Sekolah dasar pada kurikulum Merdeka Belajar. Namun tidak banyak siswa yang menyukai Bahasa Inggris. Mereka menyampaikan banyak alasan yang membuat mereka tidak bersemangat belajar Bahasa Inggris. Diantaranya mulai dari kurangnya kosa kata, sulitnya pengucapan, tidak paham dengan struktur kalimat dan lain- lain.
	Kurang menariknya Bahasa Inggris bisa jadi karena menjadikan textbook menjadi satu satunya sumber belajar bahasa Inggris. Sebenarnya mereka bisa melakukan aktifitas yang disukai dan tetap memiliki kesempatan belajar bahasa Inggris.
	Berikut ini penulis memberikan beberapa tips menyenangkan dalam Belajar Bahasa Inggris,
1. Perbanyak membaca buku, artikel, tulisan yang menarik dalam bahasa Inggris.
 	Cara ini menjadi cara yang paling menyenangkan bagi orang yang gemar membaca. Pilihlah bacaan yang menarik anda, bacaan yang menggunakan gambar juga lebih baik.Pertama-tama membaca pasti akan ada banyak kosa kata yang kita tidak kenal. Jangan menyerah dengan bacaan tersebut , yakini bahwa jalan cerita pada bacaan tersebut akan membuat anda penasaran . Artikan setiap kata dengan bantuan kamus, dan tulis arti kata tersebut di bawahnya. Jika dilakukan secara terus menerus, percayalah, dalam beberapa minggu, anda pun akan berhenti membuka kamus setiap 2 menit dalam membaca tulisan sejenis.
2. Perhatikan pengucapan kata.
Ketepatan pengucapan kata atau pronunciation penting agar tidak terjadi miskomunikasi serta membuat anda akan lebih percaya dalam berkomunikasi Bahasa Inggris. Memang kadang sangat susah mengucapkan suatu kata bahasa Inggris dengan baik, tapi bukan berarti tidak mustahil. Jangan keras kepala dan mengucapkan suatu kata seperti halnya bahasa Indonesia. Logat tidak akan bisa hilang, tapi usahakan untuk memperhatikan pengucapan. Untuk ini yang pertama harus dilakukan adalah menguasai penguasaan abjad, dan kemudian perhatikan phonetik yang sering dicantumkan dalam kamus. Kalau masih juga bingung, bisa lihat di website Oxford English Dictionary atau lebih mudah juga dengan bantuan aplikasi yang ada pada Android anda . Penjelasan yang mereka berikan sangat jelas atau anda bisa dengan mudah mendengarkan cara pengucapan sebuah kata dari aplikasi Selain itu anda juga bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris online.. 
3. Perbanyak kosa kata .
Langkah pertama akan memperbanyak kosa kata anda secara tidak langsung, tapi tidak ada salahnya mendedikasikan 15 menit setiap hari untuk belajar kosa kata baru. Bisa dengan mengulang kosa kata yang didapat dari bacaan, berusaha mencerna lirik dalam musik, atau berusaha untuk menangkap dialog dalam film kesayangan. Tulis kosa kata yang anda pelajari di sebuah buku tulis khusus. Dengan begitu kosa kata tidak akan hilang dan anda akan menyadari kemajuan yang telah anda dapat. Bagi mereka yang memiliki akses email mudah, ikutilah milis Oxford English Dictionary yang akan mengirimkan satu kata dan artinya setiap hari.
4. Coba menulis dalam bahasa Inggris.
Tidak berarti harus langsung menulis karya sastra. Cukup kalimat-kalimat pendek, dan kemudian disusul dengan paragraph pendek. Lalu coba koreksi sendiri tulisan tersebut. Jangan selalu mengandalkan Word Spelling check, karena fungsi ini tidak bisa diandalkan untuk memeriksa kesalahan grammar.
Kuasailah grammar dasar dan ikuti peraturannya dengan telaten. Tidak perlu terburu-buru menulis kalimat yang panjang dan kompleks. Mulai dengan kalimat pendek dengan kosa kata yang simpel. Dengan berjalannya waktu, penguasaan grammar dengan baik dan timbunan kosa kata di bank memori anda, anda pun akan bisa menghasilkan sebuah cerpen atau blog dalam bahasa Inggris. 
5. Cari teman ngobrol dalam bahasa Inggris
Pasti banyak teman anda yang juga sedang berjuang mempelajari bahasa Inggris, kenapa tidak belajar bersama sama? Ajak teman anda untuk meluangkan waktu berbicara bahasa Inggris dengan anda, entah sekedar ngegosip, membaca dialog atau cerita, atau berdiskusi. Kalau malu, cari tempat dan waktu dimana anda tidak akan diganggu, taman kota,  kamar kost atau sekedar chating di media sosial. Kalau enggan, latihan saja sendiri di kamar. Lafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris atau baca novel kesayangan dengan lantang. Dengan melantunkan sebuah lagu kita pun jadi gampang mengingatnya. Sama dengan tulisan, dengan melantunkan sebuah puisi, kita pun akan mengingat bait-baitnya dengan lebih mudah.
6. Artikan lagu – lagu kesayangan
Setiap orang pasti mempunyai lagu kesayangan. Melalui lagu Bahasa Inggris yang kita sukai, akan lebih meyenangkan untuk mempelajari Bahasanya. Setelah beberapakali mendengarkan lagu lalu menyanyikannya , lama- lama anda akan bisa mengingat lirik dari lagu tersebut hingga melekat di kepala. Anda akan bisa lebih menghayati lagu tersebut serta akan familiar dengan kosa kata yang terdapat dalam lagu, sehingga bisa menggunakannya dalam berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Kemudian anda juga  mengetahui pelafalan tiap kata beserta konteks dan penggunaan kata yang mungkin anda dapatkan dari lirik tersebut. Selain itu , belajar Bahasa Inggris dengan lagu akan meningkatkan kemampuan listening.
7. Coba menonton film berbahasa Inggris tanpa membaca terjemahan.
	Dengan menonton film anda bias mempelajari Bahasa Inggris sambil mengikuti jalan cerita dari film tersebut. Hal yang harus anda lakukan adalah perhatikan aksen dalam film tersebut. Pilihlah  film dengan aksen yang ingin anda pelajari sehingga akan lebih memudahkan dalam mempelajarinya. Kemudian pilihlah genre film  yang mudah untuk difahami seperti Kartun atau Komedi yang umumnya menggunakan kosa kata yang lebih umum. Setelah itu pilihlan subtitle Bahasa Inggris agar bisa memudahkan anda untuk mengetahui apa yang diucapkan actor di film tersebut.  Selama menonton film anda bisa membuat notes kosa kata baru dan cari tahu artinya. Anda sebaiknya menonton bersama teman teman agar  memudahkan untuk mendiskusikannya. Terakhir untuk meningkatkan kemampual listening, anda bias mengulang kembali menonton film tersebut tanpa subtitle.

	Demikian beberapa tips yang bisa digunakan agar belajar Bahasa Inggris menyenangkan bagi siswa. Sehingga pelajaran Bahasa inggris tidak lagi menjadi pelajaran yang membosankan anda (penulis adalah Guru Bahasa Inggris SMPN 8 Lembah Gumanti)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.