Bantu Musibah Longsor,  IKM Sibarambang Turun Kejalan Menggalang Dana

0
534

SOLOK, JN– Potret duka masih tergambar diwajah anggota keluarga yang tertimpa musibah tanah longsor di jorong Pakorohan dan Jaruai nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Musibah yang  mengahantam nagari ini pada hari Sabtu, 9 Desember lalu, telah mengakibatkan 13 rumah warga di dua jorong tersebut rusak. 5 buah rumah diantaranya rusak berat, 8 diantaranya rusak sedang, sehingga penghuni rumah masih berada dibawah puing-puing bekas terjangan tanah longsor dan air lumpur.

 

Duka yang sama juga ikut dirasakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Sibarambang yang sedang menimba ilmu di beberapa perguruan tinggi negeri ataupun swasta di kota-kota di Sumbar seperti  di kota Padang, Bukittinggi, Batusangkar dan Payakumbuh. “Kami ikut terpukul dengan kejadian bencana yang menimpa kampung halaman kami beberapa hari lalu. Musibah datang dengan tiba-tiba yang mengakibatkan kerugian yang cukup banyak bagi warga kami dikampung” ujar Ketua IKM Sibarambang yang juga seorang mahasiswa Unand Padang, Iqbal Desrian, kemaren.

 

Upaya yang dilakukan IKM adalah melakukan penggalangan bantuan dana dengan turun ke jalan raya bersama-sama dengan organisasi kampus mereka masing-masing. “Kita harus turun tangan dengan cara kita pula untuk mengumpulkan dana demi meringankan beban saudara-saudara kita dikampung. Hasil pertemuan kita menjadwalkan bahwa aksi turun ke jalan ini akan kita lakukan sampai hari Sabtu ini dan kita akan satukan seluruh uang yang terkumpul sehingga bisa kita distribusikan Selasa depan melalui Posko Bencana Alam di Sibarambang,” jelas Asmaridho, yang merupakan  Koodinator penggalangan dana di Kampus UIN Iman Bonjol Padang.

 

Kegigihan yang dilakukan oleh anak-anak IKM sangat diapresiasi oleh salah seorang pembina IKM, Saidul Bahri, SH. “Kita bangga punya generasi yang peduli dengan rasa sakit yang sedang diderita oleh saudara-saudara kita dikampung. Ini juga aksi peduli sosial pertama yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa dari nagari Sibarambang sepanjang sejarah,” tutur Saidul Bahri,  yang sehari-hari berdinas di kantor Dinas Perhubungan Kota Padang ini.

“Semoga usaha dan upaya yang dilakukan oleh IKM memberikan makna tersendiri bagi kebangkitan nagari Sibarambang pasca bencana ini kedepan,” terang tokoh pemuda Sibarambang, Aiga Ruspel (wandy/Aiga R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here