Banjir Bandang Porak Porandakan Nagari Garabak Data Tigo Lurah


SOLOK, JN- Hujan deras yang turun pada hari Minggu (14/8) siang di Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabuparten Solok, menyebabkan banjir bandang yang merusak Puluhan hektare sawah dan kebun warga.


Selain itu, puluhan ekor ternak ayam dan kambing, juga dilaporkan hilang dan hanyut dibawa banjir. Bahkan beberapa tiang listrik dan pohon juga roboh yang mengakibatkan listrik mati total di Garabak Data.


“Hujan deras turun sejak pukul  Dua Belas siang dan banjir bandang datang sekitar pukul Empat sore,” terang Masrianto (46), salah seorang warga Garabak Data.
Dijelaskan Masrianto, Banjir mulai masuk ke pemukiman warga di Jorong Garabak sekitar pukul 16.00 Wib dan di Jorong Data setengah jam kemudian.


Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak. Namun yang pasti menurut Masrianto, puluhan hektare sawah atau tanaman padi masyarakat usia Satu hingga Dua bulan, hancut dibawa banjir bandang.

Baca Juga :
SMA 2 Sumbar Siap Terima Peserta Didik Baru Ta 2021-2022


“Saat ini sawah warga dipenuhi batang pohon kayu dan batu yang dibawa banjir dan sawah sudah tidak rata dengan kebun,” tambah Masrianto.Menurutnya, lebih kurang 60 hektare sawah di Dua Jorong yakni Jorong Garabak dan Jorong Data, hancur dihantam banjir bandang tersebut.

Sementara Camat Tigo Lurah, Tedi Aurora, juga melaporkan, bahwa puluhan hektare sawah warga di Jorong Garabak dan Jorong Data, mengalami rusak berat.

“Perkiraan sementara, ada lebih kurang 60 hektare sawah warga yang baru berusia Satu hingga Dua bulan rusak diterjang banjir bandang,” terang Tedi Aurora, yang merupakan putra asli Garabak Data.

Baca Juga :
Berantas Penyalahgunaan Narkoba, Personel Polres Solok Gelar Tes Urine


 Perkembangan selanjutnya menurit Camat juga akan dilaporkan secara berkala, karena usai banjir hari sudah malam dan tidak ada penerangan listrik (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.