600 Jiwa di Jorong Panariak Belum Nikmati Aliran Listrik

0
135

SOLOK, JN- Sebanyak 125 Kepala Keluarga (KK) atau 600 jiwa di Jorong Panariak, Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, mungkin sejak dunia terkembang,  belum pernah menikmati aliran listrik, baik dari PLN atau dari pihak swasta.

“Ya beginilah kondisi kampung kami, masih jauh tertinggal jika dibanding nagari lain di daerah Kabupaten Solok. Jangankan untuk menonton televisi, untuk kulkas, atau untuk memasak, untuk penerangan malam hari saja warga kami masih menggunakan lampu patromat atau lampu cogok. Sangat miris memang, meski negara ini sudah mendekati merdeka sekitar satu abad, ” ujar Mak Inal (66), tokoh masyarakat setempat, Sabtu (29/12). 
Wajah kecewa dan sedih, tampak tergambar dari raut wajah Mak Inal, karena merasa prihatin dan hiba dengan kondisi warga kampungnya.


Nada yang hampir sama juga disampaikan Walijorong Panariak, Mardanis, bahwa kondisi jorong yang dipimpinnya memang perlu mendapat perhatian khusus atau sudah perlu diperhatikan. “Bapak walinagari juga sudah beberapa kali mencoba mengirim surat surat ke PLN agar warga Jorong kita mendapat aliran listrik secepatnya,” jelas Mardanis.
Sementara Walinagari Batu Bajanjang, Dahrul Asri, menyebutkan bahwa pihaknya selaku pemerintahan Nagari, juga sudah berupaya mengirim surat ke Pimpinan PLN Rayon Solok, agar bisa memasukan listrik ke warganya di Jorong Panariak yang berjumlah 600 KK.”Kita sudah mengirim surat ke PLN sejak bulan Agustus 2016 silam, tetapi hingga saat ini belum ada realisasinya,” ucap Dahrul Asri. Walinagari juga menjelaskan bahwa jarak tiang listrik terdekat dari rumah warga saat ini adalah sekitar 2 Kilometer.
Walinagari juga berharap agar PLN  bisa sesegera mungkin mengabulkan permintaan dan permohonan warganya yang mungkin sejak dunia terkembang belum pernah mendapat aliran listrik.Disebutkan Dahrul Asri, selain di Jorong Panariak, sekitar 35 KK atau 150 jiwa, di jorong Kampuang Tangah Nagari Garabak Data, masyarakatnya juga belum menikmati aliran listrik.


Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, juga mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat di Batu Bajanjang, yang sebahagian masyarakatnya belum menikmati listrik.” Nanti kita akan mencoba kembali membicarakan hal ini dengan pihak PLN Rayon Kayu Aro agar warga kita di Batu Bajanjang yang belum menikmati listrik bisa difasilitasi oleh PLN,” tutur Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda