Wisata Gunung Talang Sangat Mempesona Dengan Pemandangan Tiga Danaunya

0
590

SOLOK, JN- Gunung Talang, merupakah sebuah Gunung di Kabupaten Solok,l Provinsi Sumatera Barat.

Pendakian Gunung Talang, saat ini semakin diminati oleh masyarakat dan para Mahasiswa yang tergabung dari Mapala di seluruh tanah air. Bahkan tanggal 17 Agustus 2016 silam, Wabub Solok, menjadi inspektur Upacara peringatan HUT RI bersama 6000 ribu pendaki lainnya. Pada peringatan penyambutan tahun baru 2019 lalu, diperkirakan lebih dari 1000 pendki ikut memadati Puncak Gunung Talang.

Pendakian Gunung Talang, bisa di mulai dari Air Batumbuk dengan star dari pos Pendakian R6. Dari titik R6 yang merupakan jalan tanah licin dengan kombinasi tanah lumpur menghadang. Tak jarang, lutut kaki hampir menyentuh dada saat merayapi akar-akar pohon yang merambat di jalur pendakian.

“Jumlah total rambu di Gunung Talang terdapat 54 buah. namun, tak ada patokan yang jelas jarak antar rambu ketika rambu mulai dibuat. Untuk sampai ke puncak, dibutuhkan waktu dua sampai tiga jam dari R6,” sebut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika, Senin (15/7).

Namun menurut Nasripul sesampai di puncak Gunung Talang, para pendaki akan hilang rasa penatnya, setelah melihat tiga danau yang mempesona, yakni Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang. Danau Di Atas berada di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti dan Danau Di Bawah terletak di Nagari Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya. Sementara, Danau Talang berada di Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar.

Pemandangan ini adalah salah satu daya tarik wisata yang dapat dinikmati saat mendaki Gunung Talang. Gunung Talang sendiri berketinggian sekitar 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wisatawan bisa melihat pesona danau-danau tersebut mulai dari R46.

Dijelaskan Nasripul, Pendakian Gunung Talang dimulai dari pinggir Jalan Raya Lubuk Selasih – Muara Labuh Km 17. Terdapat sebuah papan besi bertuliskan “SDN 32 Air Batumbuk” atau SMPN 4 Gunung Talang, adalah tanda masuknya menuju R6 dan pos sekretariat pendakian Gunung Talang.

Dari situ perjalanan menuju puncak melewati jalur yang licin dan berlumpur. Perlu kehati-hatian ekstra saat mendaki. Namun semuanya terbayar pantas saat melihat cantiknya matahari terbit di puncak Gunung Talang. “Jngan beri komentar kalau belum pernah ke puncak Gunung Talang,” jelas Warga Air Batumbuk, Leni Perwita (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here