Wabup Solok H. Yulfadri Nurdin Buka Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

0
63

SOLOK, JN-Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Senin (17/9), membuka acara Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), bertempat di Puskesmas Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas.

Selain Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, tampak hadir Kadis kesehatan, Zulhaini, S.Km
Kadis Pariwisata, Emi Edisar, S.Pd, Forkompimcam kecamatan X koto Diateh, Camat X Koto Diateh, Teta Mirta, S.Stp. M.Si, Kepala Puskesmas Se Kabupaten Solok, para Kepala Sekolah Se Kecamatan X Koto Diateh dan lainnya.

Camat X Koto Diateh, Teta Mirta, S.Stp. M.Si, dalam sambutannya bahwa pada hari ini kami kecamatan X Koto Diateh melaksanakan tiga kegiatan, yakni
Implementasi Gerakan masyarakat hidup sehat ( Germas ), launching program blusukan seharian ke Kantor walinagari (Bakawan) dan launching Sangar seni Rawang Tikuluak Nagari Paninjauan.

“Tujuan kegiatan Implementasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), kita wujudkan masyarakat hidup sehat. Pada tahun 2020 kecamatan X Koto Diateh akan mewakili kabupaten Solok lomba Iva tes Tingkat Nasional,” jelas Teta Mirta.
Selain itu, launching program blusukan se harian ke kantor wali nagari (nBakawan) bertujuan untuk lebih mendekatkan diri pemerintah kecamatan dengan nagari.

“Kegiatan ini untuk mempermudahnya urusan kemasyarakatan yang berhubungan dengan dengan kecamatan dan kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir antar Nagara se kecamatan X koto Diateh,” sebut Teta Mirta.

Sementara Launching sangar seni Rawang Tikuluak Nagari Paninjauan bertujuan untuk mempromosikan seni budaya.
Kadis Kesehatan yang diwakili oleh Zulhaini, S.KM, menjelaskan bahwa Germas adalah implementasi dari prioritas pembangunan nasional.
“Gerakan masyarakat hidup sehat dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat yang bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kematian maupun kecacatan,” sebut Zulhaini. Kegiatan Germas tahun 2018 bertitik fokus pada 5 kegiatan yaitu melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam sambutannya sangat memberi apresiasi kepada camat, unsur Forkompimcam serta kepada seluruh masyarakat nagari Paninjauan yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan sukses.

“Pada hari ini kita melaksanakan tiga program dengan satu hari di tempat yang sama. Untuk itu, kepada Kepala Sekolah dan majelis guru untuk dapat mengalakkan program Germas di sekolah masing-masing kepada para anak didik,” sebut H. Yulfadri Nurdin.

Sementara kepada wali nagari serta tokoh masyarakat untuk bangkitkan kembali kesenian anak nagari yang sudah lama kurang pembinaan.
“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan ini mari mengawasi anak-anak kita dalam pergaulan, bahaya narkoba serta LGBT serta lainnya (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda