Tanah Datar Akan Menggelar Pilwana Serentak di 21 Nagari Pada Tahun 2020 Ini

0
213

TANAH DATAR, JN- Pemerintah Tanah Datar bakal menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak untuk 21 Nagari di 11 Kecamatan di tahun 2020 ini.

“Tahapan Pilwana serentak untuk 21 nagari telah dimulai dengan berpedoman kepada Perda dan Perbup yang telah ada,” terang Sekretaris Dinas PMDPPKB Yonasri didampingi Kabid Pemerintahan dan Keuangan Desa Miza Aziz dan Kasi Andri, Rabu (4/03/2020) di aula dinas PMDPPKB.

Lebih lanjut Yonasri berharap panitia kabupaten dan PPWN bisa menjalankan semua tahapan sesuai yang sudah ditetapkan pada perbup 4/2020 agar tidak mengganggu jadwal selanjutnya.

“Kita berharap tahapan dilakukan sesuai jadwal sebaik mungkin, sehingga jadwal pencoblosan pemungutan suara yang telah ditetapkan 24 Juni terlaksana sesuai jadwal. Terkait DPS yang diterima hari ini, PPWN agar melakukan pemutakhiran dan validasi sampai 31 Maret mendatang,” ujar Yonasri.

Sementara itu Kabid Miza Aziz menambahkan, aturannya adalaj Perda Nomor 1/2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, Perbup nomor 23/2017 tentang pedoman pelaksanaan pemilihan wali nagari dalam kabupaten Tanah Datar serta perbup 4/2020 tentang jadwal, waktu dan tahapan pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak.

“Diharapkan Panitia Pemilihan Wali Nagari mengacu dan berpedoman kepada aturan yang telah ada, seperti Perda dan Perbup sehingga diharapkan nantinya tidak ada permasalahan di lapangan, seperti komplain dari calon Wali Nagari,” tukasnya.

Adapun 21 nagari yang akan melaksanakan pilwana serentak yaitu Singgalang, Tambangan, Koto Baru ( X Koto), Gunung Rajo, Batipuh Ateh, Batipuh Baruah, Andaleh, Bungo Tanjung (Batipuh), Guguak Malalo (Batipuh Selatan), Padang Magek, Simawang (Rambatan), Sungai Jambu (Pariangan), Koto Tangah, (Tanjung Emas), Buo (Lintau Buo), Batu Bulek, Balai Tangah, Tepi Selo (Lintau Buo Utara), Sungayang (Sungayang), Sungai Tarab, Simpurut (Sungai Tarab) dan Lawang Mandahiling (Salimpaung). (Damara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here