Zul Elfian Resmikan Beroperasionalnya Pasar Syariah

0
196

SOLOK, JN – Wali Kota Solok Zul Elfian, meresmikan beroperasionalnya Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf, bertempat di Jalan Nasir Sutan Pamuncak, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok tepatnya di Komplek Terminal Bareh Solok, Jumat (26/6).
Turut hadir, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Forkopimda Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar Asben Hendri, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Bundo Kanduang, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok Bujang Putra selaku Ketua Panitia Peresmian, para Kepala OPD, Camat dan Kabag di lingkungan Pemerintah Kota Solok.


Wako mengatakan, dengan diresmikannya Pasar Syariah ini, secara bertahap konsentrasi di Pasar Raya Kota Solok akan dipecah dan berangsur pindah ke Pasar Syariah ini. Pasar rakyat berbasis Syariah, bersih dan nyaman dengan sekelas pasar modern. Pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara syariah guna menggerakkan perekonomian secara syariah.
Pasar rakyat mempunyai peranan penting menggerakkan perekonomian masyarakat. Pasar rakyat memiliki beberapa keunggulan, diantaranya harga relatif murah, terjadi proses tawar menawar, dan pilihan barang lebih banyak. Namun pergerakan kehidupan saat ini, konsumen lebih menyukai belanja di pasar modern.
Pasar rakyat perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Saat ini di Pasar Raya Kota Solok sudah kurang memadai karena sudah tergerus zaman. Mengingat itu, melalui DAK Kementerian Perdagangan dan APBD Kota Solok, Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf ini bisa diresmikan hari ini.
“Barang yang dijual harus Halal, jelas asal usul, bentuk dan mutunya. Ukuran timbangan bisa dipertanggung jawabkan. Harga tidak boleh mahal namun harga berkeadilan. Pasar syariah dikelola dengan cara syariah, tertib ukur dan bernuansa islami. Transaksi di pasar syariah ini akan dilakukan dengan menggunakan koin dan voucher,” ujar Zul Elfian.


Untuk nama Abdurrahman Bin Auf berasal dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang lihai dalam membangun bisnis dan tetap hidup dalam kesederhanaan. Hanya dalam waktu sekitar dua tahun, ia bersama pedagang muslim lainnya berhasil membangun perekonomian Islam yang adil dan memakmurkan Madinah di kala itu. Ia juga merupakan salah satu sahabat yang berjasa dalam membantu Rasulullah diawal – awal kemunculan Islam.
Abdurrahman bin Auf termasuk golongan sahabat yang paling awal masuk Islam, berselang dua hari setelah Islamnya Abu Bakar Ash-Shiddiq. Ia turut dalam hijrah bersama sahabat Muhajirin ke Habasyah dan kemudian hijrah ke Madinah. Di saat hijrah ke Madinah, ia tidak membawa bekal apapun.
Peresmian Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Solok Zul Elfian. Seusai peresmian, Wako langsung mempraktekkan untuk menukar voucher dengan koin dan melakukan transaksi jual beli dengan pedagang.(van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here