Zul Elfian: Atasi Kemiskinan Dengan Saling Tolong Menolong

0
374
SOLOK, JN– Salah satu cara untuk mengentaskan persoalan kemiskinan adalah dengan membudayakan saling tolong menolong, yang kaya membantu yang miskin, yang cerdas memberi pelajaran yang baik kepada yang bodoh, yang sehat membantu yang sakit dan seterusnya. Hal tersebut dikatakan Walikota Solok Zul Elfian, ketika menghadiri penyaluran zakat dari Baznas Kota Solok, di Masjid Agung Al – Muhsinin, Sabtu (9/6).
Dijelaskan Walikota dengan membiasakan budaya saling menolong, maka persoalan-persoalan daerah akan lebih cepat terselesaikan. Dengan bersama-sama, pembangunan daerah juga menjadi lebih cepat. Sekaligus, budaya saling peduli juga dapat membawa Kota Solok menjadi lebih baik dan mendapatkan berkah dari Allah.SWT.
“Islam telah mengajarkan bahwa saling peduli, berbagi, tolong menolong merupakan tindakan yang terpuji dan dapat mensejahterakan dunia, maka dari itu Pemko terus berupaya menyadarkan masyarakat untuk menciptakan kondisi yang baik, seperti yang dicontohkan Rasullulah di Madinah, sehingga Kota Solok menjadi Kota yang diberkahi,”kata Zul Elfian.
Walikota juga menghimbau kepada masyarakat untuk sadar akan pentingnya zakat, dan menunaikan kewajibannya. Walikota juga bersyukur kepada para Muzaki yang telah menunaikan kewajiban sehingga dapat menolong masyarakat yang ekonominya masih sulit
“Para Muzaki harus meningkatkan kesadaran, akan fungsinya, sehingga masyarakat yang masih dalam ekonomi yang lemah dapat terbantu,”kata Zul Elfian.
Pada kegiatan itu Baznas menyalurkan zakat kepada 1400 mustahiq/penerima zakat. Ketua Baznas Kota Solok Zaini mengatakan tepat sasaran merupakan cara terbaik mengatasi masalah kemiskinan. Jika zakat telah ditunaikan dengan baik, maka prioritas daerah untuk mengatasi kemiskinan dapat terwujud, serta mensejahterakan keluarga kurang mampu.
“Jika 80 persen dari ASN, misalkan berpartisipasi maka dapat memberikan contoh langsung kepada masyarakat, karena yang terpenting adalah kesadaran,”kata Zaini.
Ketika itu zakat yang diberikan sebesar 350 ribu per orang, dengan total mencapai 1,2 Miliar. Dengan jumlah 1400 penerima zakat yang terdiri dari keluarga kurang mampu, guru MDTA, orang miskin dan sebagainya.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here