Solok Raya

Yulidasmar dan Keluarga Diam-Diam Bantu Warga Guguak Yang Terdampak Covid-19

×

Yulidasmar dan Keluarga Diam-Diam Bantu Warga Guguak Yang Terdampak Covid-19

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Sungguh mulia apa yang sudah dilakukan tokoh masyarakat Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok ini.


Beliau adalah Yulidasmar (Idek), dimana pada saat masyarakat banyak yang terdampak pandemi Covid-19, tokoh ini ikut turun membantu masyarakat secara diam-diam dengan memberikan bantuan beras kepada keluarga kurang mampu di nagari Jawi-Jawi Guguak dan Nagari Koto Gadang Guguak.

Hal itu sudah dilakukan sejak bulan Juni 2020 dengan mengantarkan bantuan langsung berupa beras kepada keluarga kurang mampu yang terdampak langsung virus corona ini. 
Caranya, setelah didata warga yang kurang mampu, kemudian bantuan beras diantar langsung oleh putra beliau yakni Yovid dan Raka.Bantuan itu baru untuk warga kurang mampu di Koto Gadang Guguak dan Jawi-Jawi.Terakhir pada bulan September 2020 ini, keluarga Yulidasmar, juga kembali membagi-bagikan sebanyak 500 Kg beras untuk warga miskin di Jawi-Jawi dan Koto Gadang Guguak. Rencananya hal ini akan terus dilakukan dan meluas ke nagari Koto Gaek Guguak. Setiap warga miskin mendapat bantuan sebanyak 10 kg dan difokuskan kepada yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah.
Yulidasmar meyakini solidaritas sosial di antara masyarakat saat situasi sulit seperti sekarang ini menjadi sangat penting sehingga ketahanan sosial masyarakat tetap terjaga.

Baca Juga :
Perkuat Kolaborasi, Pemerintah Kabupaten Solok Lakukan MoU Dengan Pemprov DKI Jakarta

“Inisiatif ini kami ambil sebagai bagian dari kontribusi sosial atas dasar semangat solidaritas kemanusiaan. Masyarakat di Guguak banyak juga yang terkena dampak Covid-19 sehingga layak kita bantu,” tutur Yulidasmar.

Menurutnya, masyarakat Guguak Tiga Nagari, memiliki semangat gotong royong untuk saling membantu. Bukan hanya itu, masyarakat juga memiliki kemauan yang kuat untuk bisa segera keluar dari situasi sulit akibat Pandemi COvid-19.
“Apa yang kami lakukan tentu bisa menjadi stimulus bagi yang lain agar mari bersama-sama atasi situasi sulit ini. Kita tidak berhitung seberapa besar bantuan yang kita berikan tetapi kemauan dan partisipasi itu yang jauh lebih penting. Ini yang kami sadari sebagai bagian dari keterlibatan kami untuk masyarakat di nagari,” tutur Yulidasmar yang diamini isterinya Syofinar.
Bukan hanya menyalurkan bantuan berupa paket sembako, Yulidasmar yang ikut turun bersama tim dan relawan Covid-19. Bahkan sebagai Sekretaris pada Dinas Sosial Kabupaten Solok, hal ini sudah menjadi bagian dari pekerjaan beliau.
“Alhamdulillah kita diberi kelebihan rezeki oleh Allah dan sifatnya hanya sementara. Jadi tidak ada salahnya kita saling berbagi, meski belum seberapa yang bisa kita lakukan untuk membantu antar sesama,” tutur Yulidasmar dengan tetap merendahkan diri.
 Yulidasmar juga terus melakukan edukasi buat masyarakat agar tetap disiplin menaati protocol kesehatan (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.