Yulfadri Nurdin Ajak Masyarakat Surian Bentuk Kelompok Tani

0
480

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, menhimbau agar masyarakat petani segera membentuk kelompok tani, sebagai wadah untuk berkumpulnya antar petani dan agar mudah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Kalau masyarakat tidak tergabung dalam kelompok tani, maka tentu akan susah untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, sebab bantuan pemerintah hanya bisa disalurkan kalau ada kelompok dan tentu harus jelas pula pengurus dan alamatnya,” ujar Yulfadri Nurdin, SH, saat memimpin Tim Safari Ramadhan Tim 2 Pemkab Solok, ke Masjid Jabal Nur, Jorong Suliti, Nagari Surian, Kecamatan  Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Selasa  (22/5). Disebutkan Yulfadri Nurdin, SH,  kelompok tani harus dibentuk berdasarkan surat keputusan dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antarpetani  dan juga dengan pemerintahan nagari.

Surat keputusan tersebut dilengkapi dengan ketentuan-ketentuan untuk memonitor atau mengevaluasi kinerja kelompok tani. Kinerja tersebutlah yang akan menentukan tingkat kemampuan para kelompok. Dan penilaian kinerja kelompok tani didasarkan pada SK Mentan No. 41/Kpts/OT. 210/1992. Sementara fungsi kelompok tani menurut Wabub, adalah menciptakan tata cara penggunaan sumber daya yang ada, sebagai media atau alat pembangunan, membangun kesadaran anggota petani untuk menjalankan mandat yang diamanatkan oleh kelompok.

Selain mengajak masyarakat Suliti Surian untuk membentuk kelompok tani, Wabub juga mengajak agar masyarakat Surian untuk ikut mensukseskan program Maghrib mengaji dan Subuh berjamaah dan juga mensukseskan program Empat Pilar yang diusung Pemkab Solok. “Tujuan dari Tim Ramadhan ini adalah untuk menjalin silaturrahmi dengan masyarakat dan sekaligus menjemput langkah tinggal jika ada janji pemerintah yang belum terpenuhi ke masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wabub juga menghimbau masyarakat agar menjauhi narkoba dan LGBT serta aliran sesat lainnya serta ikut mengawasi setiap tamu yang datang kenagari. “Mari kita jaga lngkungan kita dari segala perbuatan maksiat, kriminal dan lain sebagainya,” himbau Yulfadri Nurdin.

Sebelumnya, Walinagari Surian, Edi Madrin, menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan TSR Pemkab Solok yang dipimpin Wakil Bupati dan sealigus meminta Pemkab Solok untuk turun dimana saat ini dinagari Surian sedang ada persoalan pasar yang  sedang ada dilemma dengan masyarakat .

Pada kesempatam itu, Wabub juga menyerahkan uang tunai  sebesar Rp 10 juta kepada pengurus masjid Jabal Nur, untuk pembangunan masjid  dan juga puluhan buku bacaan agama Islam.

Turut Hadir pada TSR Tim 2 Wabub Solok ke Surian antara lain, Asisten II Pemkab Solok, Aliber Mulyadi, Kabag Organisasi, Zulfadli, Kepala BNNK Solok, Azizurrahman, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Gusnadi dan Gusrial Abbas, Camat Pantai Cermin, Walinagari Surian, Edi Madrin, Unsur Mupika Kecamatan Pantai Cermin serta tokoh masryarakat setempat (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here