Walikota & Wawako Solok Sosialisasi Kawasan Agrowisata Payo

0
586

SOLOK, JN – Walikota Solok Zul Elfian dan Wakil Walikota Solok Reinier menghadiri pertemuan dan sosialisasi pengembangan Payo menjadi Kawasan agrowisata di Masjid Nurul Ulya Payo. Kamis (6/7). Turut hadir Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Balitbang Kota Solok, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Dishub, Perdagang Kop UKM, Kesehatan, Pariwisata, Lingkungan Hidup, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat Payo, serta Pokja Ahli Pangan Sumbar, Pembimbing dan Mahasiswa KKN UNAND.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur, terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat Payo yang merespon baik rencana pengembangan Payo menjadi kawasan agrowisata. “Pemko telah bertekad dan menggaungkan Visit Solok 2020 Kota Solok Kota Serambi Madinah The Heart of West Sumatra. Untuk mewujudkan itu, berbagai upaya melalui program dan kegiatan kita target pada OPD”, ungkap wako. Pengembangan kawasan payo menjadi agrowisata, wako menyampaikan bahwa rencana ini mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera melalui Dinas Pangan Provinsi Sumatera dan Program Safari Nagari Unand sekaligus diselaraskan dengan kegiatan KKN Mahasiswa Unand.

“Kita berterima kasih dengan ada program Dinas Pangan bersama UNAND, rencana Pemko dan Masyarakat Payo untuk mengembangkan kawasan agrowisata dapat bersinergi dengan program kegiatan yang direncanakan OPD terkait”, kata Zul Elfian. Dalam kesempatan itu, wako juga menghimbau dibentuknya BMT di Mesjid Nurul Ulya karena ada masyarakat kita yang mengembangkan tanaman bunga krisan yang terpaksa menjual tanamannya yang belum saatnya dijual yang dikarenakan kesulitan ekonomi. “Saya dan Pak Wakil memberikan modal awal BMT masing-masing 1 juta rupiah dan Kepala OPD yang hadir 500 ribu, tentunya dengan syarat yang dapat diberikan pinjaman tanpa bunga dari BMT adalah jemaah, kita juga ingin masyarakat kita juga dekat dengan mesjid”, kata wako. “Lurah dibawah koordinasi Camat saya tugaskan untuk segera bentuk kelembangaannya”, pinta wako.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here