Walikota Solok Terima Satya Lencana Manggala Karya Kencana

0
479

SOLOK, JN – Walikota Solok Zul Elfian dalam acara temu prestasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBP) menerima Satya Lencana Manggala Karya Kencana yang diserahkan dan disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang didampingi Plt. Kepala BKKBN Pusat dr. Sigit Priohutomo,MPH di Graha Bumi Beringin, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7) pada malam yang merupakan rangkaian peringatan puncak hari keluarga berencana nasional ke XXV.

Prestasi Kota Solok tersebut merupakan buah dari kerja keras seluruh pihak, menjadi bukti nyata, bergerak mensukseskan program pemerintah pusat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan mewujudkan keluarga bahagia di Kota Solok, melalui penataan dan pembinaan program pemerintah, melalui keluarga berencana, telah berhasil menurunkan angka kelahiran di Kota Solok. Selain itu program dibidang kesehatan dan pendidikan juga berdampak pada produktifitas keluarga yang semakin membaik.

Menko PMK Puan Maharani dalam sambutanya mengatakan, dalam momentum Harganas, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia menyadari pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Masyarakat diminta untuk memperhatikan pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Penghargaan yang diberikan merupakan hasil dari kerja keras semua pihak, yang semakin sadar akan pentingnya ketahanan keluarga sebagai bagian integral dari kesuksesan pembangunan daerah.

Puan juga menyampaikan bahwa  pemberian penghargaan sudah sesuai mekanisme dengan serangkaian proses penilaian dari Tim Presiden dan BKKBN dengan syarat dan kriteria yang ketat serta melalui proses peninjauan lapangan untuk mengukur sejauh mana dedikasi dan kesuksesan program tersebut.

“Atas nama pemerintah dan Presiden RI pihaknya mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang meraih penghargaan atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil, keluarga bahagia dan sejahtera. Saya mengajak untuk menjadikan peringatan Harganas bukan sekadar seremonial, melainkan harus diwujudkan pembangunan manusia Indonesia melalui penguatan keluarga berketahanan,” katanya.

Menanggapi penghargaan yang diterima Kota Solok, dalam kesempatan itu, Walikota Solok mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BKKBN yang telah mengapresiasi yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Solok dalam pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Penghargaan ini menjadi bukti sebuah karya anak bangsa dalam keikutsertaannya menata dan mewujudkan keluarga bahagia terutama di Kota Solok. Adapun, indikator keberhasilan keluarga berencana antara lain ditandai dengan penurunan angka kelahiran, kualitas kesehatan keluarga yang terus meningkat, pendidikan keluarga yang makin berkualitas, produktifitas keluarga yang juga terus meningkat.

Lencana Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada kepala daerah atau tokoh yang dinilai memiliki komitmen dan dedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Kota Solok dinilai berhasil menjalankan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.  Dijelaskan Walikota penghargaan yang diterimanya itu tak lepas dari peran masyarakat Kota Beras, yang telah bekerja membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Apa yang kita terima hari ini merupakan kerja bersama, baik itu dukungan OPD, stakeholder dan tentu semua itu tidak akan terwujud tanpa keikutsertaan masyarakat dalam setiap pelaksanaan program dalam pembangunan keluarga, perilaku hidup bersih dan sehat, untuk itu atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Solok saya mengucapkan terima kasih, ini adalah keberhasilan kita bersama,” kata Zul Elfian.

Penghargaan itu merupakan prestasi atas komitmen Pemko menggerakan program yang membangun keluarga yang sejahtera, Kota Solok dinilai berhasil memenuhi syarat nasional, dengan berbagai konsep dan inovasi yang bermanfaat bagi keluarga-keluarga di Kota Solok. Walikota berharap dengan penghargaan ini dapat memotivasi seluruh pihak untuk membangun masyarakat yang berkualitas. Terkait dengan tindak lanjut kedepan Zul Elfian juga mengingatkan bahwa apa yang diterima hari ini bukan tidak ada konsekuensinya, untuk itu beliau mengingatkan sekaligus mengajak seluruh elemen untuk bersama menjaga serta meningkatkan apa yang telah dilaksanakan sehingga dapat membuktikan apresiasi yang dianugerahi pemerintah pusat ini memang layak diterima (Govan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here