Walikota Solok Bertegas-Tegas, Sejumlah Pejabat Kalang Kabut

0
487

SOLOK, JN – Suasana berbeda terjadi dalam rakor yang rutin dilaksanakan Pemko Solok setiap minggunya, suasana hening, serta nada Walikota yang santai namun bertegas-tegas, belum pernah terjadi sebelumnya. Walikota dan Wawako Solok dalam rapat kali ini, cukup santai namun dengan penekanan yang terang dan tegas, terutama dalam hal evaluasi kinerja tiap OPD di lingkungan Pemko Solok. Dalam rakor tersebut, sejumlah pejabat terlihat kalang kabut, dengan wajah semrawut, entah apa yang akan terjadi. Namun, meskipun begitu Walikota mengatakan penyegaran merupakan hal yang biasa dan diperlukan dalam tubuh organisasi.

Walikota Solok Zul Elfian bertegas – tegas kepada seluruh jajaranya untuk saling bersinergi, komunikasi dan berkoordinasi dalam pelaksanaan tugas daerah, yang memerlukan asistensi/pendampingan pimpinan. Selain itu Rapat koordinasi juga sebagai sarana dalam melakukan evaluasi terhadap seluruh kinerja jajaran. Bahkan dalam waktu dekat Pemko Solok akan melakukan penyegaran sebagai langkah evaluasi terhadap seluruh jajaran.

Hal tersebut dikatakan Walikota Zul Elfian yang didampingi Wawako Reinier serta Sekretaris Daerah Rusdianto, dalam rapat rutin mingguan di Ruang Rapat Bappeda, yang hadiri jajaran Pemerintah Kota Solok, Selasa (9/1). Sekda mengatakan dalam laporanya progres minggu sebelumnya terkait permasalahn tanah, persiapan MTQ Provinsi Tahun 2019 dan lain sebagainya, sesuai dengan arahan Walikota.

Walikota mengatakan pihaknya tidak ingin rapat atau pertemuan ibarat rapat tikus yang tidak ada implementasinya. “Bila perlu juga dilakukan ke internal OPD, apakah dalam bentuk evaluasi pelaksanaan tugas. Agar jika ada persoalan atau kendala bisa diketahui lebih awal dan dicarikan solusinya. Kami (read:wako-wawako) tidak inginkan Rapat atau pertemuan ibarat rapat tikus yang tidak ada implementasinya, untuk itu diminta seluruh kita untuk pahami tupoksi dan kewenangan serta tanggung jawab,”tegas Zul Elfian.

Dijelaskan Zul Elfian dari seluruh rakor, kinerja, laporan, terobosan, inovasi dan sebagainya, akan menjadi acuan dalam penilaian peningkatkan kinerja setiap OPD yang ada,”tidak perlu kuatir dengan evaluasi, atau penyegaran, itu hal yang biasa dan sangat dibutuhkan dalam peningkatan kinerja suatu organisasi,”jelas Zul Elfian.

Sementara itu Wawako Reinier mengatakan pihaknya selalu mengevaluasi kinerja jajaranya, berdasarkan evaluasi dari masyarakat selaku pemberi mandat. Diharapkan seyogyanya pula beliau berdua dituntut juga melakukan evaluasi atas kinerja OPD.

“Dalam Waktu dekat kita akan lakukan penyegaran sebagai bentuk evaluasi terhadap jalannya pelaksanaan tugas yang diamanahkan. Disamping juga ada melengkapi struktur yang kosong karena ditinggal pejabatnya yang masuk purna bhakti,” jelas Wawako.(van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here