TP-PKK Kota Solok Berperan Besar Berdayakan Kesejahteraan Keluarga

0
1332

TP-PKK Kota Solok Berperan Besar Berdayakan Kesejahteraan Keluarga

SOLOK, JN – Menghadapi dinamika persoalan keluarga dan masyarkat yang harus dihadapi secara stimulan dan sistematis. Wakil Walikota Solok Reinier, mengatakan peran PKK sangat berarti, dimana PKK memiliki potensi yang sangat besar dalam membangun jaringan kerjasama. Melakukan koordinasi dengan jajaran instansi pemerintah dan lembaga di bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Harapan yang patut dilaksanakan, adalah memperkuat manajemen kelembagaan PKK, mengembangkan jaringan mitra sinergis dan lembaga kemasyarakatan lainya,” kata Reinier, usai membuka Rapat Konsultasi TP-PKK Kota Solok, Kamis (23/2) di Gedung Kubung 13 Kota Solok.

Menurut Wawako dalam mengembangkan SDM dan kemampuan jajaran tim penggerak PKK dalam menetapkan kebijakan. Maka harus ditingkatkannya kualitas pengetahuan serta keterampilan jajaran PKK. Membina potensi-potensi kelompok-kelompok Dasawisma dalam menggerakkan 10 program pokok PKK. Serta mengutamakan kepentingan keluarga-keluarga dan masyarakat.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua TP PKK Ny.Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Ny.Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Ny.Ria Rusdianto, Camat Tanjung Harapan Zulkarnain

Kepala SKPD Terkait, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok. Sementara peserta kegiatan adalah dari unsut OPD terkait, Unsur TP PKK kecamatan dan Kelurahan se-Kota Solok, dan Pengurus TP PKK Kota Solok.

Sementara itu Ketua TP-PKK, mengatakan dalam pelaksanaan program di tahun 2016, telah banyak hal yang dicapai. Serta permasalahan yang ditemukan dilapangan, dapat dicari solusinya,”itu semua adalah berkat semangat dan keikhlasan dari segenap unsur yang dapat diatasi dalam menggerakan potensi dan pemberdayaan keluarga,” kata Zulmiyeti Zul Elfian.

Zulmiyeti juga mengapresiasi segenap jajaran pengurus TP-PKK Kota Solok, serta penghargaan yang tinggi kepada pembina TP-PKK Kota Solok, yang telah mengalokasikan dana dan memfasilitasi, terlaksananya kegiatan dan program TP-PKK. “Untuk penyusunan program kerja di tahun 2017 diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dibahas, kedepanya,”kata Zulmiyeti.

Beberapa penghargaan gerakan PKK Kota Solok, tingkat provinsi yang berhasil dicapai adalah, Juara Harapan II Lomba Pengelolaan UP2K. Juara Harapan II kelompok dasawisma dan administrasi PKK

Juara Harapan III pemanfaatan toga. Juara Harapan III PKDRT. Juara I Keluarga Harmonis. Juara II lomba rumah makan gemar ikan. Juara Harapan I lomba menu PMT AS. Juara I lomba gerakan PKK KB kes tingkat provinsi sumbar. Sementara untuk penghargaan Tingkat Nasional, adalah Juara III lomba masakan khas daerah tingkat nasional di Jogjakarta.

Sementara itu Ketua Pelaksana Ria Rusdianto mengatakan dasar pelaksanaan program kerja TP-PKK Kota Solok tahun 2017, berdasarkan rapat TP-PKK Kota Solok dengan jajaranya. Berbagai program adalah untuk mensingkronkan serta mensinergikan TP-PKK dengan OPD selaku mitra kerja,”Untuk pedoman dalam pelaksanaan operasional dari masing-masing Pokja dan dapat menetapkan program/kegiatan unggulan di kelurahan-kelurahan,”kata Ria Rusdianto. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here