SOLOK, JN- Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Solok, Syofiar Syam menyebutkan bahwa antara bagian Humas Pemkab Solok dan Media atau wartawan, harus saling bersinergis, sehingga tercipta pemberitaan yang baik dan berimbang untuk daerah.

“Humas itu adalah corong Kabupaten. Baik atau buruknya sebuah Kabupaten, tergantung bagaimana Bagian Humas bersinergis dengan media. Karena melalui medialah masyarakat luas mengetahui kegiatan kepala daerah atau kemajuan sebuah nagari, ” terang Syofiar Syam, Kamis (16/1), saat berbincang dengan Wartawan Koran Padang yang didampingi bagian Humas seperti Kasubag Layanan Hubungan Media atau dulu Kasubag Pemberitaan
Afry Yanto dan Bendahara Bagian Humas, Twentiher Oktaberia.

Dijelaskan Syofiar Syam, Humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah. Selain itu, humas sebagai corong atau sumber informasi, dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.

Dijelaskan Syofiar Syam, untuk meningkatkan kemampuan, perangkat humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Lebih penting lagi, humas harus menjalin sinergi dan akrab dengan wartawan, agar dapat mengontrol informasi yang disampaikan kepada publik.

“Kita ingin antara awak media dan jajaran Humas bisa terus saling bersinergis agar dalam pemberitaan ke media juga tidak ada salah penyampaian, ” sebut Syofiar “Ade” Syam.

Pihaknya juga menambahkan bahwa
humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.

“Intinya baik buruk daerah, tergantung dari humas mengemas ke media, ” sebut Syofiar Syam.

Humas juga harus mengubah pola pendekatan kepada masyarakat, yakni dari cara kuno ke modern yang lebih partisifatif. Selain itu, humas harus mengajak masyarakat menjadi bagian dari proses sehingga ada jalinan emosional dengan humas, dan masyarakat pun akan merasa memiliki tanggungjawab dan melakukan sharing kepedulian yang lebih banyak lagi.

“Pada prinsipnya bahwa sinergitas atau hubungan kemitraan antara Humas dan Wartawan dapat berjalan dengan baik dan tujuan dapat diwujudkan secara optimal dengan cara menjalin komunikasi, ” pungkas Syofiar Syam (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here