Server Induk di Dinas Dukcapil Kabupaten Solok Mati, Masyarakat Banyak Yang Kecewa

0
105

SOLOK, JN- Sudah hampir Empat hari server induk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok  ‘ngambek’,  sehingga pelayanan urusan dokumen kependudukan tak bisa diberikan.

“Saya sudah dua hari datang ke sini, tetapi masih belum baik juga. Padahal saya datang dari Daerah Talang Babungo yang harus ditempuh Tiga jam menuju kantor Capil dari kampung saya,” jelas Zulfadri, ketika berbincang dengan KORAN PADANG, Kamis (25/10. Hal yang sama juga dikeluhkan Mani (35), warga jorong Taratak Baru, Nagari Salimpat, Kecamatan Lembah Gumanti, bahwa sudah hampir tiga hari dirinya mendatangi Dinas Dukcapil Kabupaten Solok, tetapi  belum bisa mengurus KTP dan perbaikan Kartu Keluarga. “Ya, anak saya mau pindah ke Batam, tetapi kata orang Dinas, servernya rusak, jadi tidak bisa dilayani,” tutur Mani.

 

Biasanya di Disdukcapil Kabupaten Solok, setiap harinya selalu dipadati ratusan masyarakat yang ingin berurusan, namun Empat hari terakhir tampak sepi.  Hingga Kamis siang, pelayanan dan kunjungan masyarakat sepi. Server induk yang dimiliki Disdukcapil Kabupaten Solok  rusak, alhasil pelayanan yang diberikan kepada masyarakat mati total dan tertunda.

 

Kepala  Dinas Dukcapil Kabupaten Solok, Radiatul Hayat, ketika dihubungi via handphone mengatakan bahwa kerusakan server induk tersebut sudah terjadi sejak dari hari  Senin  dan hingga sampai dengan hari Kamis  (25/10) belum bisa digunakan. Imbasnya pelayanan yang diberikan seperti percetakan, perekaman KTP dan KK, akte kelahiran dan lain-lain terganggu dan tidak bisa dilakukan sama sekali.

 

“Rusaknya server induk pastinya mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin berurusan terganggu dan tertunda.  Kita tidak bisa memastikan sampai kapan bisa pulih,” jelas Radiatul Hayat.

Kerugian atas kerusakan alat tersebut setidaknya menunda banyak pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kabupaten Solok dimana setiap hari biasanya ada sekitar 300 pelayanan masyarakat yang diberikan. “Kita berharap cepat membaik, agar pelayanan ke masyarakat tidak terganggu,” pungkas Radiatul Hayat (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda