Satpol PP Kabupaten Solok Tetibkan Bangunan Liar di Lubuk Selasih

0
1053

SOLOK, JN–Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Solok, hari Kamis (16/11) melakukan penertiban terhadap bangunan liar yang berada di pinggir Jalan Lintas Negara Solok Padang KM 30 Lubukselasih, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Menurut Kadis Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok, Drs Efriadi Sikumbang, MM, penertiban tersebut dilakukan untuk mengurangi kamtibmas dan juga dalam rangka penyambutan alek balap sepeda internasional berupa Tour de Singkarak (TdS) ke 9 tahun 2017. “Untuk penertiban bangunan liar secara keseluruhan, tentu belum bisa kita lakukan karena masyarakat kita juga butuh untuk berusaha dan mencari makan. Namun bangunan yang kita tertibkan adalah bangunan yang sudah lama ditinggal pemiliknya dan sudah rusak serta mengganggu pemandangan. Aalagi dalam Minggu ini jalan ini akan dilintasi para pembalap TdS dan tamu dari Mancanegara,” jelas Drs. Efriadi Sikumbang, MM. Disebutkan Efriadi, secara bertahap para pemilik bangunan yang biasanya digunakan untuk berjualan di kawasan Daerah Masuk Jalan (DMJ) atau kawasan terlarang dan juga masuk kawasan konservasi atau hutan lindung.

“Secara bertahap bangunan itu akan kita tertibkan dan itu juga sudah kita koordinasikan dengan pemilik warung liar bersama Walinagari Batang Barus, Bapak Syamsul Anwar,” tutur Efriadi yang murah senyum itu.
Selain menertibkan bangunan liar atau bangli di Lubuk selasih, Efriadi juga menghimbau agar para pemilik warung tidak menjual minum-minuman keras atau mencoba-coba untuk menjadikan lokasi tersebut kawasan esek-esek. “Kalau itu terjadi maka kita jelas akan bertindak tegas dan tidak ada tolerasnsi karena akan menimbulkan gangguan kamtibmas,” tegas Efriadi. Pada saat penertiban bangli di Lubuk Selasih tersebut, Kadis Satpol PP Kabupaten Solok juga nampak didampingi oleh Kabid Trantib Dinas Satpol PP dan Damkar, Vive Kananda SE, MM dan Kasi Ops Khairul beserta puluhan anggota Satpol PP lainya.
Terkait pelaksanaan TdS 2017, Efriadi yang juga Wakil Ketua pengaman TdS untuk Wilayah Kota Solok, Satpol PP Kabupaten Solok akan menurunkan personil pengaman yang nantinya akan bergabung dengan Polres Arosuka dan TNI berjumlah sebanyak 100 orang dan dibawah koordinasi Polres Arosuka.

Saat ini jumlah personil Dinas Satpol PP dan Damkar, Kabupaten Solok berjumlah sebanyak 206 orang dengan jumlah tenaga PNS sebanyak 51 orang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here