Reinier Bertatap Muka Dengan Anggota Kelompok Tani Sarang Alang Kelurahan Laiang

0
71

SOLOK, JN – Didampingi Kepala Dinas Pertanian, Wakil Walikota Solok Reinier bertatap muka dengan Kelompok Tani Sarang Alang Kelurahan Laiang Kecamatan Tanjung Harapan, beberapa waktu yang lalu.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Lurah Laiang Yuli Hendri, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Kelurahan Laiang.

Pertemuan yang penuh keakraban dalam kemasan penuh sambung rasa. Bergantian para anggota kelompok tani menyampaikan persoalan maupun harapannya terhadap perkembangan usahanya.

Dalam arahannya Wawako Solok mengajak seluruh petani terutama anggota poktan yang hadir, dalam rangka meningkatkan pendapatan Petani dengan menanam padi jenis bibit Anak Daro.

“Kita melihat dipasaran saat ini Beras Solok dengan Varietas Anak Daro sangat diminati konsumen dari luar Provinsi Sumatera Barat terutama di Jakarta dan Kota-kota di Pulau Jawa. Hal ini saya temui dalam berbagai kesempatan dialog dengan para perantau kita bahkan dari informasi adanya permintaan yang relatif besar terhadap beras Anak Daro,” kata Reinier.

Reinier juga mengutarakan jenis beras Anak Daro ini memiliki harga jual cukup tinggi di pasaran luar Sumbar jika dibandingkan dengan beras jenis lainnya.

“Disamping meningkatkan hasil pertanian padi, mari kita juga coba kembangkan perkebunan pertanian coklat, karena Kelurahan Laing masih mempunyai lahan yang cukup luas dan cocok untuk coklat,” kata Wawako.

Reinier juga mengajak para anggota kelompok tani untuk tidak hanya bertumpu pada satu sektor pertanian saja. Akan tetapi hendaknya telah mulai berupaya untuk diselingi dengan peternakan baik itu ternak itik, kambing ataupun lainnya, sehingga diharapkan ikut membantu meningkatan pendapatan petani.(van)