Puncak Hari Jadi Kabupaten Solok ke-104 Diperingati Dengan Meriah

0
597

SOLOK, JN–Peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-104, yang jatuh pada tanggal 9 April 2017, diperingati melalui Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok, bertempat di Ruang Pelangi Kantor Bupati Solok, Minggu (9/4). Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, dengan didampingi oleh dua Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, SH dan Septrismen. Sementara tema HUT Kabupaten Solok ke-104 kali ini adalah “Melalui Peingatan Hri Jadi Kabupaten Solok ke-104, Kita Bangun Kebersamaan Untuk Mensukseskan 4 Pilar Pembangunan Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Maju dan Mandiri Menuju Kehidupan Madani dan Sejahtera Berlandasan Adat Basandi Syara’ dan syara’ Bersandi Kitabullah”.

Acara peringatan HUT Kabupaten Solok ke-104 ini berlangsung meriah, dengan dihadri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang diwakili oleh Staf ahli, Anggota DPR RI, H. Endre Syafoel, Anggota DPD RI, H. Nofi Chandra, Ketua DPRD Sumbar, Para Bupati dan Walikota serta Unsur pimpinan DPRD Kabupaten se-Sumatera Barat, Para Kepala SKPD di Sumbar dan Solok, Unsur Muspida se Kabupaten Solok, Ketua DPRD Sorolangun, Ketua DPRD Bangko, Sekda Merangin dan Kerinci dari Propinsi Jambi, Ketua Pengadilan Agama Koto Baru, Ketua Pengadilan Negeri Koto Baru, Para mantan Bupati dan Ketua DPRD yang pernah menjabat di Kabupaten Solok, Sekwan DPRD Kabupaten Solok, Siis, SP, para LSM, tokoh masyarakat, walinagari dan Wartawan yang meliput di Kabupaten Solok. Ketua DPRD Kabupaten Solok,

Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, dalam sambutannya, selain menyampaikan ucapan selamat datang kepada para undangan baik Gubernur, para Bupati dan Walikota se Sumbar, para Ketua DPRD di Sumbar dan tamu dari Provinsi Jambi,  juga mengajak semua pihak untuk mengevaluasi hasil-hasil pembangunan, sehingga apakah benar-benar bermanfaat untuk masyarakat atau belum. “Usia 104 tahun bagi sebuah Kabupaten, bukanlah usia muda, tetapi perlu kita sadari, untuk membangun Kabupaten Solok yang luas, sangat diperlukan dana dan skill yang baik,” tutur Hardinalis. Ketua DPRD juga mengisahkan sejarah berdirinya Kabupaten Solok dan juga meneybutkan nama-sama Bupati Solok pertama yakni Sa’alah Soetan Mangkoeto hingga ke Bupati Saat ini yang ke-18 yakni H. Gusmal Dt Rajo Lelo dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin, SH dan juga Ketua DPRD yang pernah menjabat di Kabupaten penghasil bareh tanamo itu mulai dari Abdul Aziz Maulana Asli yang menjabat sebagai Ketua DPRD pertama  hingga saat ini di mana dirinya yang menjabat. Disebutkan Hardinalis, dengan berbagai pertimbangan dan telaahan yang mendalam atau berbagai momentum lain yang sangat bersejarah bagi Solok secara umum, pemerintah daerah dan masyarakat menyepakati peristiwa pencatuman nama Solok pada 9 April 1913 sebagai sebuah nama unit administrasi setingkat Kabupaten pada zaman Belanda sebagai momentum pijakan yang akan diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Solok. Kesepakatan inipun dikukuhkan dengan Perda Nomor 2 Tanggal 9 April  Tahun 2009 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Solok. Pada tanggal 9 April 2010, merupakan pertama kalinya diperingati secara resmi.

Sementara Bupati  Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, juga menyebutkan bahwa peringatan hari Jadi Kabupaten Solok yang ke 104, bukan hanya sekedar pesta biasa, namun hendaknya  dijadikan sebagai bahan introspeksi sejauh mana Kabupaten ini mencapai sejahtera, sesuai dengan cita-cita berdirinya Kabupaten ini yakni untuk mewujudkan masyarakatnya sejahtera. H. Gusmal juga menjelaskan, dari 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok, tentu belum semua yang sejahtera dan lepas dari ketertinggalan. “Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan DPRD serta bantuan dari pusat dan daerah, baik melalui anggota DPRD Sumbar, DPR RI, Kabupaten Solok akan berusaha menjauh dari ketertinggalan. Kami menyadari, dengan dana APBD yang terbatas, tentu dibutuhkan kerjasama pusat dan daerah, sehingga Kabupaten yang kita cintai ini bisa menjadi Kabupaten sejahtera dan menjadi Kabupaten terbaik dari yang baik,” jelas H. Gusmal. Bupati Solok itu juga menjelaskan, bahwa di dalam menjalankan pemerintahan, dirinya selalu berkoordinasi dengan pemerintahan terendah, seperti waligari dan jorong. Salah satunya menurut mantan Ketua LKAAM Kabupaten Solok itu, adalah dengan menjalin silaturrahmi, menyelesaikan persoalan yang tumbuh di nagari. Saat ini Pemkab Solok sedang giat-giatnya mensukseskan program Maghrib Mengaji dan Shubuh Berjamaah untuk menuju masyarakat agamais dan seimbang hidup di dunia dan akherat.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang diwakili oleh Staf Ahli, dalam sambutannya selain menyampaikan ucapan selamat hari jadi bagi Kabupaten Solok, juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Walikota dan Bupati di Sumbar untuk menghadiri peringatan HUUT Kabupaten Solok yang ke-104, termasuk kepada pimpinan DPRD dan Sekda dari Jambi seperti dari Kabupaten Merangin, Sorolangun, Bangko, Kerinci dan Batang Hari. Irwan Prayitno juga menyampaikan bangga dengan kepemimpinan H. Gusmal, yang sudah bisa membawa Kabupaten Solok keluar dari daerah terisolir. Selain itu, Kabupaten Solok juga banyak menoreh prestasi gemilang di tingkat Sumbar dan nasional. “Keberhasilan Kabupaten Solok, juga merupakan keberhasilan Sumatera Barat, karena satu sama lain tidak bisa dipisahkan,” tutur Irwan Prayitno dalam pidato ucapanya. Gubernur juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD dan OPD Kabupaten Solok,yang sudah mau menjalin kerjasama untuk membangun Solok yang dicintai ini (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here