Polres Solok Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2019

0
406

SOLOK, JN- Polres Solok, hari Rabu (23/10), menggelar Apel Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2019, bertempat di halaman Polres Solok.

Apel Gela Operasi Zebra Singgalang 2019, dipimpin oleh
Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan,S.ik, Perwira Apel, Kasat Lantas Polres Solok IPTU Baypul Yendri, SH, Komandan Apel, Kanit Laka Lantas Polres Solok IPDA Ronal Yandra, S.H.

Tampak hadir pada acara tersebut
Bupati Solok H. Gusmal SE, MM, Waka Polres Solok Kompol Franky Martias Monathen,S.ik. Dandim 0309 Solok yang diwakili oleh Mayor Zul Aswir, Kejaksaan Negeri Solok, Para Kabag Polres Solok, Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Solok, Drs. Efriadi MM dan lainnya.

Adapun para peserta Apel di Ikuti oleh 1 pleton para Kasi, KBO dan Perwira Staf Polres Solok, 1 Ton Anggota TNI Kodim 0309 Solok, 1 Pleton anggota Sat Lantas Polres Solok, 1 Ton Anggota Sat Sabhara Polres Sawahlunto, 1 Ton Anggota Staf Polres, 1 Ton Anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Solok, 1 Ton Anggota Intel dan Reskrim Polres dan Polsek jajaran Polres Solok, 1 Ton Anggota Satpol PP dan 1 Ton Anggota Damkar.

Pada acara tersebut, dilakukan pemasangan Pita Operasi Zebra Singgalang 2019 oleh Kapolres Sawahlunto kepada perwakilan dari TNI, Polri, Dishub dan Pol PP.

Pada kesempatan, Kapolda Sumbar yang disampaikan oleh Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan, SI.K, selaku Pimpinan Apel menyebutkan bahwa Apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2019 dengan tema meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamsertibcarlantas.

“Operasi Zebra Singgalang 2019 ini juga dilaksanakan dalam rangka Cipta kondisi pasca pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu tahun 2019 serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan guna mewujudkan Kamsertibcarlantas,” sebut AKBP Ferry Irawan.

Pelaksanakan operasi kewilayahan Polda dengan sandi Operasi Zebra Singgalang 2019 dengan mengedepankan giat gakkum lantas yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Oktober 2019 sampai dengan 5 November 2019 dengan target operasi adalah segala bentuk potensi gangguan ambang gangguan dan gangguan nyata pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Pelaksanaan operasi terdapat perencanaan sasaran dan cara bertindak sehingga mencapai hasil yang maksimal dengan tujuan yang jelas antara lain melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang berpotensi terjadinya pelanggaran kecelakaan lalu lintas.

Selain itu juga untuk melaksanakan binluh masalah lalu lintas kepada seluruh elemen masyarakat berupa giat sosialisasi, pemasangan spanduk banner dan baliho penyebaran brosur stiker dan media cetak dan elektronik serta medsos maupun kampanye keselamatan berlalu lintas.

“Laksanakan turjawali pada Daerah atau wilayah yang berpotensi terjadinya pelanggaran kecelakaan lalu lintas serta kemacetan lalu lintas,” sebut AKBP Ferry Irawan.

“Penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas secara selektif dengan metode Simpatik dan Inovatif, ” jelas AKBP Ferry Irawan.

Giat Dakgar tilang dilaksanakan secara stasioner dan hunting system sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan tidak menimbulkan kontraproduktif terhadap Citra Polri agar giat operasi tidak menjadi pemicu.

AKBP Ferry Irawan meminta untuk melaksanakan tugas operasi dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here