Pimpinan Tingkat IV Adalah Garda Terdepan Penyelenggara Pembangunan

0
490

SOLOK, JN–Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok, bertempat di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, Senin (10/4). Tampak hadir pada kesempatan itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumbar, H. Rosman Effendi, Koordinator Widyaswara, Rafles JJ,  Kadis BKPSDM Kabupaten Solok, Editiawarman dan para peserta diklat.

Ketua panitia pelaksana, Ediawarman dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan diklat ini berlansung dari tanggal 10 April sampai dengan 5 Agustus 2017 dengan teknis pelaksanaan diklat adalah berbentuk baru yakni On Campus dan Off Campus.  ”Tujuan dari pelaksanaan diklat ini adalah untuk membentuk karakter kepemimpinan untuk penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik dan SDM yang handal untuk pelayanan masyarakat Kabupaten Solok kedepannya,” terang Aditiwarman.  Dijelaskannya bahwa banyak peserta yang mengikuti diklat adalah 30 Orang yang terdiri dari 24 peserta dari OPD dan 6 peserta dari pejabat kecamatan.

Kepala BPSDM Provinsi Sumbar, H. Rosman Effendi dalam sambutannya juga menyebutkan bahwa sistem diklat yang baru ini dikenal dengan diklat pola baru, dimana selama pelatihan peserta tetap menduduki jabatanya, namun saat on campus, akan digantikan oleh plt yang bersangkutan. “Pelatihan dan Pendidikan Kepemimpinan ini diharapkan tentu akan menghasilkan calon pimpinan yang ideal sesuai kebutuhan instansinya masing-masing,” jelas Rosman Effendi. Disebutkannya bahwa pola pelatihan baru ini menuntuk kreatifitas dan inovasi setiap peserta dalam melakukan pengembangan pelayanan yang dibutuhkan. Artinya tidak akan adalagi copy paste dalam tugas akhirnya.

Sementara Bupati Solok dalam arahannya menyampaikan bahwa  Pemerintah Kabupaten Solok akan mendukung untuk mencetak lahirnya pegawai atau SDM handal dibidangnya, salah satu dengan melalui diklat Kepemimpinan tingkat IV ini. “Kita tentu berharap semua peserta bisa memahami bahan ajaran yang akan disampaikan dan menghasilkan individu yang competen serta inovatif agar sisitem pelayanan kita bisa berubah ke arah yang lebih baik. Saya berharap agar saudara yang mengikuti pelatihan ini tidak sekedar memahami masalah teknis semata, tapi juga tentang tata kerama dalam alur komunikasi. Semoga sudara mengikuti dengan baik apa materi yang diberikan,” jelas H. Gusmal. Disampaikan H. Gusmal, pimpinan tingkat IV adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah.

“Membangun sebuah system merupakan inti dari pelatihan saudara sekalian, system yang baik dengan manajemen kepemimpinan yang baik pula. Semoga saudara setelah mengikuti diklat ini makin matang dalam urusan pekerjaan atau pelayanan ke masyarakat,” pungkas H. Gusmal (wandy)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here