Peringatan Hari HAB Kemenag Tahun 2020 di Kabupaten Solok Dihadiri Bupati dan Wabup

0
333

SOLOK, JN-Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag yang ke 74 Tahun 2020 di Kabupaten Solok, tingkat Kabupaten Solok, bertempat di Lapangan Gor Batu Batupang, Koto Baru, Jum’at, (3/1).

Tampak hadir pada acara tersebut, Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, unsur Forkompimda Kabupaten Solok, Setda Kabupaten Solok, H. Aswirman, SE. MM, Kakan Kemenag, Drs. H. Alizar Chan, Ketua TP- Pkk Kabupaten Solok, Ny. Hj. Desnadevi Gusmal, SH, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahlia Yulfadri Nurdin, para Staf Ahli Bupati, Asisten kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Kepala BUMN/ BUMD Kabupaten Solok dan para ASN di lingkup Pemkab Solok.

Bupati Solok, H. Gusmal yang mentampaikan amanat Menteri Agama RI menyampaikan bahwa Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Para founding fathers negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun.

“Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” sebutnya. Menteri Agama juga mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Seiring dengan agenda Reformasi Birokrasi, Restrukturisasi dan Penyederhanaan Birokrasi, kita semua dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas serta bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Tentu tidak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya.

“Akhirnya, saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama,” sebutnya.

Usai upacara, Bupati Solok H. Gusmal yang didampingi Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, menyerahkan Satya Lancana pada 43 ASN Kemenag, 1 orang dengan masa pengabdian 30 tahun atas nama Drs. H. Abdul Halim, MM, 8 orang dengan masa pengabdian 20 tahun dan 34 orang dengan masa pengabdian 10 tahun.

Selanjutnya Bupati memberi dan menyerahkan pengharagaan kepada madrasah berprestasi yakni tingkat MI, yakni juara I MIN 2 Solok, juara II MIS Tabek Talang Babungo dan juara III MIN 1 Solok.

Sementara untuk Tingkat MTs juara Pertama diraih MTsN 2 Solok, juara II MTsN 6 Solok dan juara III MTsN 1 Solok. Untuk tingkat MA juara I MAN 1 Solok, juara II MAN 2 Solok dan juara III MAS PP Darussalam Sumani (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here