Peringatan Harganas XXV, Kota Solok Raih Dua Penghargaan Sekaligus

0
323

SOLOK, JN – Walikota Solok Zul Elfian dalam acara temu prestasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBP) menerima Satya Lencana Manggala Karya Kencana yang diserahkan dan disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang didampingi Plt. Kepala BKKBN Pusat dr. Sigit Priohutomo,MPH di Graha Bumi Beringin, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7) pada malam yang merupakan rangkaian peringatan puncak hari keluarga berencana nasional ke XXV. Tak hanya itu Kota Solok juga meraih Upakarti Utama 1 untuk Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Nasional Tahun 2018, yang diterima oleh Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, berupa piala Upakarti Utama 1.

 

Prestasi Kota Solok tersebut merupakan buah dari kerja keras seluruh pihak, menjadi bukti nyata, bergerak mensukseskan program pemerintah pusat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan mewujudkan keluarga bahagia di Kota Solok, melalui penataan dan pembinaan program pemerintah, melalui keluarga berencana, telah berhasil menurunkan angka kelahiran di Kota Solok. Selain itu program dibidang kesehatan dan pendidikan juga berdampak pada produktifitas keluarga yang semakin membaik.

 

Menanggapi penghargaan yang diterima Kota Solok, dalam kesempatan itu, Walikota Solok mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BKKBN yang telah mengapresiasi yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Solok dalam pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Penghargaan ini menjadi bukti sebuah karya anak bangsa dalam keikutsertaannya menata dan mewujudkan keluarga bahagia terutama di Kota Solok. Adapun, indikator keberhasilan keluarga berencana antara lain ditandai dengan penurunan angka kelahiran, kualitas kesehatan keluarga yang terus meningkat, pendidikan keluarga yang makin berkualitas, produktifitas keluarga yang juga terus meningkat.

 

Sementara Zulmiyetti mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan swasta yang ada di Kota Solok, yang saling bahu membahu membenahi, membina, memperbaiki dan menggerakan masyarakat untuk mampu dalam kehidupan ber-PHBS. Dijelaskan Zulmiyetti, penerapan kehidupan ber-PHBS dimulai dari keluarga, yang merupakan pilar dasar pembangunan bangsa, menciptakan lingkungan yang baik atas kebutuhan asah, asih dan asuh. Sebagai wadah yang paling sempurna, keluarga –keluarga di Kota Solok harus ditanamkan integritas, etos kerja dan gotong royong. Sehingga lahirlah generasi yang berkarakter dari keluarga yang memiliki nilai dan budi pekerti.

 

Zulmiyetti Zul Elfian juga menyampaikan bahwa berbagai himbauan dan MoU dilakukan oleh TP PKK untuk menggerakkan kader dan masyarakat melakukan 10 indikator PHBS ini. Lingkungan di benahi bersama melalui program pemerintah dan swadaya masyarakat. Bibit buah dan tanaman sayuran di berikan pemerintah kota bagi masyarakat yang telah dan akan memanfaatkan pekarangannya sebagai bentuk perhatian atau reward bagi kesadaran masyarakat, karena masyarakat sehat tentu menjadikan kota sehat.

 

Zulmiyetti Zul Elfian juga berharap keberhasilan ini menjadi virus-virus baik yang akan ditularkan pada kelurahan-kelurahan lainnya untuk bisa berbenah dan menjadi kelurahan ber-PHBS pula. Dan tentunya Kelurahan Sinapa Piliang tidak berhenti setelah mencapai ini karena disamping tetap terus ber-PHBS juga harus senantiasa siap untuk menjadi tempat berbagi dengan kelurahan lain, bahkan tidak menutup kemungkinan dari daerah lain.

 

Penghargaan itu merupakan prestasi atas komitmen Pemko menggerakan program yang membangun keluarga yang sejahtera, Kota Solok dinilai berhasil memenuhi syarat nasional, dengan berbagai konsep dan inovasi yang bermanfaat bagi keluarga-keluarga di Kota Solok. Walikota berharap dengan penghargaan ini dapat memotivasi seluruh pihak untuk membangun masyarakat yang berkualitas. Terkait dengan tindak lanjut kedepan Zul Elfian juga mengingatkan bahwa apa yang diterima hari ini bukan tidak ada konsekuensinya, untuk itu beliau mengingatkan sekaligus mengajak seluruh elemen untuk bersama menjaga serta meningkatkan apa yang telah dilaksanakan sehingga dapat membuktikan apresiasi yang dianugerahi pemerintah pusat ini memang layak diterima.(van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here